bank-mandiri-(9)Vice President Bank Mandiri Azhari Fikri optimistis bisa menghimpun dana masyarakat Bogor sebesar Rp 6,1 triliun sepanjang tahun 2016. Dana tersebut berasal dari deposito dan tabungan.

Oleh : Nurul Hasanah Ramadhan
[email protected]

Jika melihat dari pertum­buhan secara keseluruhan, nominal akhir berada di kisaran Rp 5,4 triliun un­tuk Bogor, maka jumlah dana yang akan dihimpun tahun ini untuk deposit dan tabungan berada di sekitar Rp 6,1 triliun, naik 13% atau sekitar Rp 700 miliar,’’ kata Azhari Fikri kepada Bogor Today, di Kan­tor Bank Mandiri Bogor Jalan Ir Juanda, Rabu (6/1/2016).

Sementara itu, untuk penyal­uran kredit perusahaan, peroran­gan, UKM, KPR (Kredit Pemilikan Rumah) diperkirakan akan tumbuh sebanding pertumbuhan tabungan dan deposito. ‘’Jadi, tahun 2016 ini kita masih optimis akan tumbuh den­gan baik,’’ kata Azhari.

Menurut Azhari, para periode 2014-2015, Bank Mandiri tumbuh ba­gus yakni hingga 20%. Tetapi sepan­jang tahun 2015, pertumbuhannya sedikit lebih rendah. ‘’Tapi saya yakin Bank Mandiri masih bisa tum­buh.” lanjutnya

BACA JUGA :  Menu Makan Siang dengan Cumi Bakar Bumbu Nanas dengan Bumbu Asam Segar yang Meresap

Saat ini Bank Mandiri Regional Bogor memiliki 20 kantor cabang reguler dan 19 kantor cabang mikro. Sedangkan jumlah ATM yang terse­bar di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor mencapai 423 yang terdiri dari 329 ATM dengan pecahan uang Rp 50.000 dan 94 ATM dengan pecahan uang Rp 100.000.

Pada tahun 2016 ini Bank Man­diri juga berencana akan menam­bah 3 kantor cabang mikro yaitu di Sindang Barang, Cigudeng, dan Kla­panunggal. Selain itu, ada 5 cabang Bank Mandiri yang akan ditingkat­kan statusnya dari kantor cabang mikro menjadi kantor cabang regu­lar yaitu kantor cabang yang bera­da di Cisarua, Leuwiliang, Gunung Putri, Cigombong dan Babakan Madang.

Tumbuh 17 Persen, Secara umum Azhari memperkirakan Bank Man­diri akan mengalami pertumbuhan sebesar 17 persen selama tahun 2016. Sementara, penghipunan dana ma­syarakat akan difokuskan pada de­posit, tabungan, dan giro.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Udang Goreng Bawang Putih ala Restoran yang Gurih dan Harum

“Tahun ini, target funding terma­suk tabungan, giro, deposito akan tumbuh sekitar 17%. Sementara, un­tuk pinjaman termasuk corporate, commercial, bussines banking, con­sumer perorangan, KPR, personal loan, diperkirakan 15-17 persen,’’ un­gkap Azhari.

Menurut Azhari, target tersebut dibagi perwilayah, karena Bank Mandiri Bogor ini masuk wilayah Re­gional 5, sementara Jakarta masuk Regional 3. Setiap regional memiliki beban dan target pertumbuhan yang berbeda-beda. Sebagai gambaran umum, Regional 5, funding diperki­rakan tumbuh di kisaran 10%, dan landingnya di kisaran yang sama 9-10%. ‘’Sedangkan untuk consumer loan baru di level 5, mungkin hanya 6,5%,’’ katanya.

Untuk wilayah 5 Jakarta 3, menu­rut Azhari, perpointnya sudah cukup besar dibanding dengan wilayah lain Indonesia. Jadi mungkin kalau secara nominal sekitar Rp 1,5 triliun untuk wilayah yang terkait dengan fund­ing. Sementara mikro kita belum difixkan.” lanjutnya.

============================================================
============================================================
============================================================