foto : Simamaung
foto : Simamaung

BANDUNG, Today – Pelatih anyar Persib Bandung, Dejan Antonic eng­gan memberi garansi pada pemain muda Maung Bandung mendapat tem­pat di tim senior. Menurutnya, Gian Zola dkk masih harus menampilkan kualitas teknik dan mental jika ingin masuk rencana pelatih Serbia itu.

“Belum pasti, masih ada waktu. Mungkin kita cari dari mereka yang paling bagus. Kalau soal berapa yang diambil saya tidak tahu. Kalau bisa tiga ya tiga, kalau bisa tujuh ya tujuh. Tergantung dari dia semua. Bagaima­na mereka bekerja di latihan,” ujar Dejan ketika diwawancara, Minggu (24/1/2016).

Sejauh ini, Dejan menilai ada ses­uatu yang menjanjikan dari penampi­lan Maung Ngora. Namun, kata dia, membentuk mereka menjadi pemain matang, memerlukan waktu panjang dan tidak instan. Ini bukan kali per­tama Dejan memoles talenta muda sepakbola Indonesia. Dulu, dia pernah mengorbitkan Kim Jeffrey, Rahmad Hi­dayat, Rizky Pellu, Dias Angga Putra dan Wawan Febrianto ketika di PBR.

“Ada beberapa pemain cu­kup bagus tapi lagi, untuk itu prosesnya lama dan aku harus sabar. Masih ada kesempatan untuk mereka seperti Zola dan yang lain,” ujarnya.

Dia mengakui, untuk men­elurkan pemain muda yang berkualitas memang tidak mu­dah. Karena tak jarang pemain binaannya pun gagal menunju­kan performa terbaik di level profesional. Menurutnya, faktor mental juga menjadi perhatian karena menurunkan pemain muda di pertandingan penting yang dituntut berakhir dengan kemenangan justru akan menjadi beban.

“Kerja sama pemain muda itu tidak mudah. Karena bisa ber­jalan bagus tapi bisa gagal. Aku harus hati-hati kapan turunkan mereka untuk main,” tukasnya.

(Rishad/Net)