Hasil-Australia-Open-2016-Angelique-Kerber-Juara-Kalahkan-Serena-Williams-640x457MELBOURNE, Today – Angelique Kerber membuat kejutan pada Aus­tralian Open 2016. Petenis asal Jer­man itu keluar sebagai yang terbaik setelah menundukkan unggulan pertama asal Amerika Serikat, Ser­ena Williams dengan skor 6-4, 3-6 dan 6-4 dalam waktu dua jam dan delapan menit.

Petenis yang diunggulkan di posisi ketujuh itu sebenarnya tak dijagokan memenangi turnamen. Namun, berkat skill dan ditunjang kegigihan yang luar biasa, petenis berusia 28 tahun tersebut mampu membalikkan prediksi.

Gelar Australian Open meru­pakan trofi pertama Kerber di level grand slam. Hebatnya, petenis yang mulai turun di dunia tenis profe­sional pada 2003 tersebut meraih gelar pada kesempatan pertamanya tampil di partai puncak.

Kemenangan ini juga mem­perbaiki rekor pertemuan dengan Serena. Sejauh ini Kerber berhasil meraih dua kemenangan dari tujuh pertemuan menghadapi adik dari petenis Venus Williams tersebut.

Petenis berusia 28 tahun terse­but mengungkapkan bahwa kerja kerasnya selama ini tak sia-sia. Sebab ia berjuang untuk meraih mimpinya menjadi yang terbaik di turnamen grand slam tahun ini.

BACA JUGA :  Simak Daftar Pebulu Tangkis Indonesia di Thomas Cup dan Uber Cup 2024

“Saat bermain di babak pertama, saya kehilangan match poin. Satu kaki saya serasa sudah kembali ke Jerman. Namun hari ini saya berdiri di sini. Saya merasa mendapat kes­empatan kedua. Suatu kehormatan bagi saya untuk berada di final dan memenangkannya. Mimpi saya menjadi kenyataan,” kata Kerber di­lansir Fox Sport, Minggu (31/1/2016).

“Sepanjang hidup, saya sudah bekerja keras hingga saya di sini. Dan saya menjuarai grand slam, ini terdengar gila dan tak bisa diper­caya,” imbuhnya.

Setelah menerima piala, Kerber tak lupa berterima kasih atas lawan­nya, Serena. Sebab, ia menilai adik dari Venus Williams tersebut san­gat menginspirasi banyak petenis muda.

“Serena, anda benar-benar sebuah inspirasi bagi banyak orang, bagi banyak petenis muda. Anda juara sejati, merupakan prib­adi yang luar biasa, jadi saya ber­terima kasih atas semuanya,” pung­kasnya.

Akui Kehebatan Kerber

Serena Williams gagal menyen­tuh rekor legendaris Steffi Graf yang mengumpulkan 22 trofi grand slam sepanjang karier. Petenis nomor satu dunia urung menyamai pen­capaian itu usai takluk di tangan Angelique Kerber di final Australia Terbuka 2016.

BACA JUGA :  Laga Penentuan Timnas Indonesia vs Yordania di Piala Asia U-23 2024

Bagi Kerber, kemenangan terse­but membawanya menjadi petenis Jerman pertama yang memenang­kan trofi grand slam sejak Steffi Graf pada 1999.

Namun bagi Serena, kekalahan tersebut membuatnya tak mampu menyamai rekor Steffi.

Lepas pertandingan Serena membuat komentar men­arik. Selain mengaku turut ber­bahagia atas pencapaian Kerber, petenis Amerika Serikat juga me­nyinggung tentang perasaannya yang tak nyaman manakala di­tuntut harus tampil sempurna.

“Setiap kali saya berjalan ke ruangan ini, semua orang mengharapkan saya untuk menyapu setiap pertandin­gan dengan kemenangan. Lama-lama saya terlihat seperti robot, padahal ti­dak,” curhat Serena, dikutip Reuters.

“Saya hanya beru­saha sebaik yang saya bisa. Saya berusaha memenangkan setiap pertandingan, setiap poinnya, tapi kenyataannya saya tidak bisa,” sambungnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Serena takluk 4-6, 6-3, 4-6 di tangan Ker­ber pada partai puncak di Melbourne Park, Sabtu (30/1/2016) lalu. Hasil terse­but agaknya mengejutkan mengingat Serena merupakan juara bertahan dalam turnamen.

(Imam/net)

============================================================
============================================================
============================================================