g-is-for-googleAlphabet, induk perusahaan Google berhasil menggeser posisi Apple sebagai perusahaan termahal di dunia. Alphabet mencatat keuntungan mencapai USD 4,9 miliar (3,4 miliar euro) di kuartal IV-2015, naik dari perolehan laba di tahun lalu sebesar USD 4,7 miliar.

Oleh : Alfian Mujani
[email protected]

Harga sahamnya pun mel­onjak hingga 9% dalam be­berapa jam perdagangan. Dengan keuntungan tersebut, berarti nilai perusa­haan Alphabet saat ini mencapai USD 568 miliar, jauh lebih tinggi dibandingkan nilai Apple sebesar USD 535 miliar.

Secara tahunan, Alphabet mencatatkan keuntungan men­capai USD 16,3 miliar, namun ter­dapat business lost sebesar USD 3,6 miliar selama periode tersebut.

BACA JUGA :  Ini Dia Hasil Autopsi Kerangka Mayat Terbakar, Diduga Perempuan Usia 20-an Tahun di Bangkalan

Sedangkan pendapatan opera­sional Google naik menjadi USD 23,4 miliar. “Sepertinya Google akan terus melanjutkan bisnis layanan mobile,” kata Neil Doshi, Direktur Penelitian di Mizuho Securities, seperti dilansir BBC, Selasa (2/2/2016).

“Dua atau tiga tahun yang lalu, mo­bile adalah sesuatu yang tidak mungkin bagi Google. Ada kekhawatiran akan ada dampak negatif pada bisnis desk­top,” ujarnya.

Harga saham Alphabet melonjak menjadi USD 750 pada 1 Februari 2016. Sementara harga saham Google juga naik 8,5 kali lipat sejak pertama kali melantai di tahun 2004 sebesar USD 85.

Jika pekan lalu Apple mendapatkan banyak tekanan karena tidak mampu menghasilkan ide cemerlang, berbeda dengan Alphabet yang saat ini sedang dihargai oleh banyak kalangan.

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut 2 Motor Kecepatan Tinggi Adu Banteng di Cilegon

Meskipun terdapat business lost sebesar USD 3,6 miliar, namun Alpha­bet masih tetap menarik bagi investor.

Keuntungan terbesar dari peru­sahaan adalah iklan. Semua dibayar berdasarkan banyaknya clickers. Pendapatan yang dihitung berdasar­kan klik ini naik 31%, dan 40% berasal dari Google.

Di tahun 2010, Apple menjadi perusahaan yang paling mahal di Amerika Serikat, yang saat itu menggeser Microsoft. Namun saat ini, Apple digeser Alphabet.

Sementara itu, di Inggris, pendapa­tan Alphabet naik 16% menjadi USD 1,92 miliar pada kuartal IV-2015. (dtc)

======================================
======================================
======================================