BT-7Menanam pohon itu menanam kehidupan dan merawat generasi yang akan datang. ‘’Karena itu, gerakan tanam pohon setiap hari yang dilakukan Surat Kabar Harian Bogor Today dan RAPI, kita sambut positif dan kita dukung penuh,’’ ujar Camat Bogor Timur Sujatmiko pada acara penanaman pohon buah di Reservoir PDAM Tirta Pakuan, Jalan Pajajaran Kota Bogor, Kamis (4/2/2016).

RICKY ISKANDAR
[email protected]

Hadir pada acara penanam pohon kali ini antara lain Direktur Umum PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Ade Sa’ban Maulana, Lurah Baranangsiang, Pemimpin Redaksi Surat Kabar Harian Bogor Today, Sekretaris Bogor Hejo Tato Marsito, Habib Rifki Ahmad Alaydrus, para karyawan PDAM Tirta Pakuan dan warga masyarakat.

Menurut Sujatmiko, kegiatan menanam pohon setiap hari yang dilakukan Tim Bogor Hejo ini sejalan dengan yang tengah dilakukan di Kecamatan Bogor Timur, yaitu menata taman dan ruang hijau. Di area Reservoir PDAM Pajajaran ini sendiri sudah dipenuhi pohon-pohon buah seperti rambutan, mangga, nangka, dan jambu.

BACA JUGA :  GovTech INA Digital Diluncurkan, Kota Bogor Siap Jalankan Arahan Presiden

Penanaman pohon buah yang dilakukan Tim Bogor Hejo di reservoir PDAM kemarin hanya untuk melengkapi koleksi yang sudah ada dan memanfaatkan lahan yang masih relatif kurang pohon. ‘’Selain itu, menanam pohon di sini lebih pada pembuktian bahwa PDAM Tirta Pakuan dan Kecamatan Bogor Timur memiliki kemauan politik yang kuat untuk menghadirkan kembali Kota Bogor yang hijau, sejuk, dan nyaman,’’ kata Alfian Mujani, ‘’Karena itu, berapa banyak jumlah pohon yang ditanam pada hari ini, bukan hal terpenting. Tapi yang terpenting adalah membangun kembali kesadaran kita untuk melakukan penanaman pohon di semua sudit Kota Bogor,’’ katanya.

BACA JUGA :  Sedang Buang Air di Toilet Pos, Pendaki Asal Jakarta Meninggal di Gunung Gede Pangrango

Direktur Umum PDAM Tirta Pakuan Ade Sa’ban Maulana sepakat bahwa pada dasarnya menanam pohon itu menanam kehidupan masa depan dan menanam kebajikan. ‘’Pohon bukan saja memberi manfaat bagi umat manusia sebagai pabrik oksigen, tetapi juga memberi manfaat bagi semua mahluk hidup termasuk semut dan burung-burung,’’ katanya.

Karena itu, lanjut Ade, menanam pohon juga merupakan ibadah jariah yang pahalanya akan terus mengalir. ‘’Mudah-mudahan penanaman pohon ini menjadi amal baik kita semua, yang manfaat pahalanya bisa kita nikmati kelak di akhirat,’’ katanya.

Acara tanam pohon ini ditutup dengan do’a singkat yang dipimpin oleh Habib Rifki Ahmad Alaydrus. Penanam pohon dilakukan di beberapa area yang sudah disediakan. Tak kurang dari 20 pohon buah ditanam di tanah milik PDAM Tirta Pakuan ini. (*)

============================================================
============================================================
============================================================