federal-reserve-bank2Bank sentral Amerika Serikat (AS) the Federal Reserve (The Fed) kemungkinan akan menaikkan tingkat suku bunganya 3 kali di tahun ini, dari sebelumnya yang diperkirakan sebanyak 4 kali. Demikian Analis Goldman Sachs seperti dilansir CNBC, Kamis (4/2/2016).

Oleh : Alfian Mujani
[email protected]

Goldman memperkirakan, naiknya suku bunga The Fed akan dilakukan April, jika kondisi pasar membaik secara signifikan. “Data ekonomi menunjukkan pasar keuangan saat ini dalam kondisi ketat,” ujarnya.

Namun, kenaikan suku bunga The Fed yang diperkirakan hingga 3 kali di tahun ini masih sesuai dengan kondisi pasar keuangan saat ini. “Komentar terbaru menunjukkan bahwa pembuat kebijakan melihat pengetatan berlebihan di pasar keuangan, itu akan menjadi patokan dalam pengambilan kebijakan suku bunga di tahun ini,” kata Goldman.

BACA JUGA :  Kunjungi 8 Tempat Wisata Pantai Dekat Jakarta Ini dengan Keluarga saat Libur Hari Raya

Hal tersebut sejalan dengan pandangan Presiden Fed New York Bill Dudley yang mengatakan, likuiditas di sektor keuangan saat ini akan lebih ketat dibanding­kan dengan Desember lalu saat The Fed memutuskan menaikkan tingkat suku bunganya.

Sementara itu, Wakil Ketua Fed, Stanley Fischer men­gatakan, di awal pekan ini bahwa bank sentral AS tidak ya­kin berapa kali akan menaikkan suku bunganya tahun ini.

BACA JUGA :  Bejat, Ayah Perkosa Anak Kandung di Serang hingga Hamil dan Melahirkan

Pernyataan The Fed sebelumnya soal kemungkinan akan ada kenaikan suku bunga AS sebanyak 4 kali di tahun ini memicu reak­si pasar.

Meski demikian, hasil pertemuan akhir Januari lalu menyebut­kan, sepertinya menaikkan suku bunga sebanyak 4 kali tahun ini tidak akan tercapai.

The Fed melihat berbagai pertimbangan dalam memutuskan untuk menaikkan tingkat suku bunganya, baik dari inflasi maupun pasar tenaga kerja.

Para investor pun membaca tanda-tanda dari Fed secara hati-hati. Investor menilai, The Fed tidak me­mungkinkan akan menaikkan tingkat suku bunganya di bulan Maret.

(dtc)

============================================================
============================================================
============================================================