Untitled-1Sebagai organisasi yang bergerak di bidang perempuan, Bogor Wom­en’s Club (BWC) tak hanya konsen menjejali anggotanya dengan ilmu kewanitaan saja. Mengingat apa yang diamanatkan oleh ibu Wa­likota Bogor (Yane Ardian) beberapa waktu lalu agar organisasi ini respon terhadap lingkungan sekitar, BWC juga memanfaatkan Divisi Lingkungan Hidup dan Sosial milik mereka.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Terlepas dari instruksi Yane akan sa­dar lingkungan, memberikan edukasi kepada semua kader dan masyarakat Kota Bogor menjadi salah satu visi misi mereka dalam menjalankan BWC.

Ketua Divisi Lingkungan Hidup dan Sos­ial BWC, Hapsiati memaparkan jika divisi ini memiliki anggota sebanyak lima orang yang bergerak aktif. “Saya sebagai ketua, lalu un­tuk anggota Nancy Sudibyo agen dari Com­monwealth Life, Siti Mistiawati aktif di ke­giatan Kelompok Tani Macodes, Ina aktif di Agrinita IPB juga Hetty yang aktif di Komuni­tas Taman Membaca, sebelumnya ada ibu Thia dari MegaSwara dan Ibu Sri Ayu di kesenian Sanggar sekarang merapat ke divisi Pendidi­kan dan Budaya di BWC,” paparnya kepada Bogor Today.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Kamis 28 Maret 2024

Hapsiati menjelaskan kaitan ke-lima sri­kandi dengan BWC adalah ikut serta dalam kegiatan Program Lingkungan Hidup dan Sos­ial. Sesuai dengan Misi dan Visi BWC terutama adalah Pendidikan maka Klub BWC ini men­gadakan kegiatan Edukasi untuk Lingkungan Hidup dan Sosial.

“Program dalam setahun ini adalah edukasi untuk para anggotanya. Tiga kegiatan sudah dialokasikan jadwalnya untuk setahun ini dis­amping ada kegiatan lain yang tentatif. Yaitu teknik dasar bertanam dan praktek Art Pot, Urban Farming, Hidroponik dan Aeroponik,” terangnya.

Selain itu, mereka juga memiliki kegiatan lain seperti pembuatan pupuk organik untuk limbah rumah tangga, pengelolaan sampah lingkungan untuk kompos menyusul tahun de­pan. Kegiatan lain selain yang ada di BWC juga disinergikan dengan kegiatan kelompok lain atau komunitas lain dan aktif terlibat dalam kegiatan ‘Bogor Hejo’ yang diprakarsai oleh Koran Harian Bogor Today.

BACA JUGA :  Kebakaran Hanguskan Minibus di Jalan Pantura Demak, Pengemudi Tewas

“Program yang sudah dijalankan adalah kunjungan ke pameran flora dan fauna di La­pangan Banteng dengan tujuan membuka wa­wasan tentang dunia tanaman,” tambah dia.

Selanjutnya, Hapsiati mengaku tim Divisi Lingkungan Hidup dan Sosial sedang menjajaki beberapa program di Kebun Karantina Tana­man milik Macodes.

“Kedepannya BWC akan mengakomodir ke­giatan-kegiatan yang diusulkan anggota terma­suk bidang Lingkungan hidup dan Sosial. Mari bergabung dengan BWC, menjadikan wanita pintar dan berwawasan,” pungkasnya. (*)

============================================================
============================================================
============================================================