IMG-20160205-WA0003SETELAH hampir satu dekade tidak mengeluarkan jenis mobil Sedan, akhirnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada pertengahan desember 2015 meluncurkan jenis sedan terbarunya yaitu Suzuki Ciaz. Mobil ini memiliki unsur sedan kelas atas dan memilliki body yang sporty dan elegan.

Oleh : IRWANSYAH TJASWAT
[email protected]

Mobil Suzuki Ciaz di in­terior dan eksteriornya tidak kalah hebat dari kompotitornya sendi­ri, “mobil ini memiliki eksterior yang sangat sporty dan el­egan, terlihat dari bemper depan yang membulat dan lekukan dibagian fend­er membuat mobil ini terlihat kokoh dan sporty. Dan lampu depan yang terlihat seperti mata elang dan me­miliki teknologi Halogen Head Lamp Projector membuat mobil ini menge­luarkan cahaya yang lebih terang dan memberikan jangkauan lebih luas” ujar Risma Wiraniaga saat ditemui di pameran mobil Suzuki di Plaza Jambu Dua, di jalan Jambu 2, Kecamatan Bo­gor Timur. Kota Bogor, Jawa Barat.

Risma memaparkan, bagian interi­or Suzuki Ciaz ini memiliki ruang yang lega untuk ukuran sedan kompak, Ciaz sendiri memberikan jangkauan yang sangat luas untuk pandandan­gan kedepan, karena dashboard yang dibuat landai kedepan.

Untuk sisi mesin sendiri Suzuki Ciaz ini memakai jenis mesin K14B dengan jumlah katup 16 dan memiliki empat silinder. Suzuki Ciaz ini berkapasi­tas 1.373 cc. Dengan daya muntahan maksimum 92 Bhp di putaran 4000 Rpm.

Menurut Risma, di Bogor sendiri peminat Suzuki Ciaz cukup banyak, hal ini dilihat dari penjualan dealer Suzuki di Bogor yaitu PT Dwiperkasa Mobiltama yang berada di jalan KH Soleh Iskandar, Km8, Kota Bogor, pada bulan lalu yang telah mengeluar­kan 10 unit Suzuki Ciaz.

Seperti yang kita ketahui, kehadi­ran mobil jenis sedan yang dihadirkan oleh produsen asal Jepang ini ber­mula dari tahun 1995, dengan menge­luarkan jenis Esteem yang notabene adalah mobil andalan Suzuki pada tahunnya, tak lama berselang Suzuki meluncurkan generasi pertama Bale­no, yaitu tipe Beleno 1.6, dan tahun 1999 Baleno meluncurkan jenis ked­uanya yaitu Baleno 1.5., kemudian di­awal 2002 Suzuki mengeluarkan gen­erasi ke tiga dari Baleno yaitu Suzuki Baleno Next 1.5 dan terakhir Baleno meluncurkan generasi ke empat dita­hun 2004 yang bernama Neo Baleno. Setelah beberapa lama vakum akhirnya Suzuki Indomobil Sales meluncurkan Su­zuki Ciaz di 2015.