Untitled-13BOGOR, Today – Bertaruh kepada kempauan meyakink­an dari para pelajar sekolah dasar (SD) di daerahnya, Kecamatan Ciseeng optimis bisa mendapat gelar juara pada perhelatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten Bogor nanti, dan salah satu­nya datang dari cabang catur yang diharapkan mampu menorehkan prestasi gemilang.

Bertempat di Gelangang Olahraga (GOR) Mini Keca­matan Ciseeng, puluhan siswa dari berbagai SD mengi­kuti seleksi 02SN untuk tingkat wilayah. Wakil Ketua Kordinator Pelaksana O2SN Kecamatan Ciseeng, Deden Rukmana menuturkan, untuk persertanya datang dari 15 sekolah, dan dibagi dalam dua grup yakni, putera dan puteri.

“Untuk babak seleksi ini kami menggunakan sistem swiss dengan lima babak, dan untuk perserta berjumlah 27 pelajar,” jelasnya di sela-sela perlombaan.

Lebih lanjut, untuk grup putera diikuti sebanyak 20 siswa, dan grup puteri hanya tujuh siswi saja. “Dari perkembangan tahun lalu, kini jumlah persertanya bisa dibilang meningkat, dikarenakan banyak sekolah yang memang mengadakan ekstrakulikuler catur,” katanya.

Namun, sangat disayangkan kurangnya sarana dan prasarana pendukung, masih menjadi kendala untuk mengembangkan olahraga catur lebih berkem­bang di Kecamatan Ciseeng.

“Jika kegiatan outdoor seperti sepak bola, kami su­dah punya lapangan. Tapi untuk aktifitas perlombaan indoor seperti ini, kiranya masih harus banyak sentu­han dan penambahan alat-alat, contohnya meja dan kursi,” paparnya.

Sementara, Guru pendamping dari SDN Babakan 1 Ciseeng, Imas Wiwin menuturkan, pihaknya sudah melakukan persiapan dari jauh-jauh hari sebelum selek­si 02SN dimulai.

“Catur sendiri di sekolah kami memang dijadikan ekstrakulikuler, dan peminatnya memang banyak. Se­tiap jam istirahat ataupun sepulang sekolah, murid sering berlatih bersama di ruang kelas,” ujarnya.

Tambah Guru kelas 4 tersebut, sekolahnya memang menjadi salah satu langganan perwakilan Kecamatan Ci­seeng di 02SN tingkat Kabupaten Bogor.

“Semoga saja dengan persiapan yang matang, anak didik kami bisa melaju sebagai perwakilan wilayah, dan bisa membawa pulang juara untuk tingkat Kabupaten, bahkan lebih dari itu,” harapnya.

(Latifa Fitria)

============================================================
============================================================
============================================================