Untitled-1Ada cara lain yang dilakukan puluhan wartawan cetak dan elektronik di Kota Bogor, Jawa Barat, dalam memperingati Hari Pers Nasional, Selasa (09/2/2016). Mereka melakukan tanam pohon di Hutan Kota Jalan Ahmad Yani Kecamatan Tanah Sareal.

ABDUL KADIR BASALAMAH
[email protected]

Penanaman pohon oleh Kelompok Jurnalis Kota Bogor (KJKB) ini dilakukan bersama Gerakan Bogor Hejo, Ketua DPRD Kota Bogor Untung Maryono, Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono, anggota DPRD Kota Bogor Iyus Ruswandi (Golkar), Anita Primasari Mongan (Demokrat), Eni Indari (Demokrat), Abuzar (PKS), Muhamad Alex Solihin (Nasdem), Dirut PDAM Kota Bogor HM Untung Kurniadi, Kasi Pemeliharaan Taman DKI Kota Bogor Erwin Gunawan, Ketua Gerakan Bogor Hejo Alfian Mujani, Sekretaris Bogor Hejo Tato Marsito, Ketua RAPI Bogor Utara H Rudi Jamaludin, Habib Rifki Ahmad Alaydrus, para relawan Bogor Hejo, petugas DKP.

Ketua DPRD Untung W Maryono memberikan apresiasi atas kegiatan penanaman pohon oleh para jurnalis di Kota Bogor. Menurutnya, penanaman pohon ini merupakan hal yang positif. Dengan menanam pohon berarti juga sudah menanam satu kebaikan.

“Saya akan dukung terus Gerakan Bogor Hejo, sangat menyenangkan bisa turut hadir menanam pohon bersama para wartawan dalam memperingati HPN,” imbuh Untung Maryono.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 24 April 2024

Menurut Untung Maryono, aksi penanaman pohon ini diharapkan mampu menularkan kebiasaan positif. Visi Gerakan Bogor Hejo menanam pohon setiap hari dinilai sejalan dengan Pemerintah Kota Bogor dan patut untuk dibudayakan. “Mudah-mudahan penanaman pohon ini bisa menjadi budaya bagi warga Bogor,” pungkasnya.

Ketua KJKB Syarief Hidayatullah mengatakan, penanaman pohon ini sebagai bentuk dukungan para jurnalis terhadap program pemerintah Kota Bogor mengenai Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Menurut dia, saat ini RTH semakin berkurang. Padahal RTH ini sangat dibutuhkan sebagai penghasil oksigen untuk kebutuhan warga. Meskipun Kota Bogor sudah memiliki kebun raya, Syarif mengatakan hal itu masih belum cukup.

“Ya penanaman pohon ini bertujuan untuk mengembalikan Kota Bogor ke era 80-an, Bogor yang dulu hijau, indah, sejuk dan nyaman,” ungkap Syarif di lokasi penanaman.

Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono sangat mengapresiasi aksi penanaman pohon yang dilakukan oleh wartawan Kota Bogor. Dia juga mengucapkan selamat Hari Pers Nasional. Menurutnya, peran wartawan sangat dibutuhkan “Ya peran media itu sangat penting untuk memberikan informasi yang bersifat membangun, dan wartawan merupakan partner kerja baik eksekutif maupun legislatif dalam membangun Kota Bogor ke depan,” kata Heri.

BACA JUGA :  Panas Siang Hari Paling Nikmat Menyantap Rujak Buah Bumbu Kecap Dijamin Bikin Melek, Ini Dia Cara Membuatnya

Heri berharap, sikap kritis yang dituangkan dalam sebuah berita hendaknya bersifat positif, sehingga apa yang disampaikan wartawan memiliki nilai edukasi dan membangun masyarakat.

“Gerakan menanam pohon yang dilakukan wartawan ini saya harap bisa menjadi contoh dan diikuti masyarakat ataupun kelompok lainnya, dalam kegiatan penanaman pohon,” pungkasnya.

Sementara Untung Kurniadi menilai, penanaman pohon ini merupakan hal yang penting untuk mengembalikan Kota Bogor menjadi sejuk, teduh, asri. Yang terpenting, penanaman pohon ini dapat menciptakan mata air. Dia mendukung penuh program Gerakan Bogor Hejo yang terus menanam pohon setiap harinya dengan mengajak berbagai pihak di wilayah Kota Bogor. “Ini aksi yang sangat langka, bagaimana wartawan memperingati HPN dengan menanam pohon di Hutan Kota,” ujar Untung Kurniadi.

Penanaman pohon dalam rangka HPN ini berlangsung pada siang hari hingga menjelang sore. (*)

============================================================
============================================================
============================================================