menteri-kelautan-dan-perikanan-susi-pudjiastutiPerburuan kapal asing pencuri ikan di perairan Indonesia, belum berakhir. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memesan kapal khusus kepada PT PAL Indonesia.

Oleh : Alfian Mujani
[email protected]

Perusahaan yang bermarkas di Surabaya ini pun merancang kapal induk perikanan pertama di Indonesia. Kapal ini di­rancang atas ide dan permintaan Menteri Susi untuk mem­buru kapal pencuri ikan.

Susi menjelaskan kapal markas atau kapal induk ini dirancang karena kapal pencuri ikan memiliki ukuran besar-besar, se­dangkan kapal penangkap saat ini berukuran lebih kecil dan kalah canggih.

“Alokasi dana Rp 600 miliar untuk fasilitas yang lengkap,” ungkap Susi saat jumpa pers di KKP, Jakarta, Jumat (12/2/2016).

BACA JUGA :  Resep Membuat Bubur Ayam Claypot yang Gurih dan Hangat, Wajib Coba

Pembangunan akan dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Neg­ara (APBN). Pembangunan diren­canakan dimulai tahun ini dengan masa pekerjaan maksimal 2 tahun.

Selain itu, Susi ingin memiliki kan­tor bergerak yang juga bisa difungsi­kan sebagai pusat penelitian, rumah sakit terapung, pusat pelatihan ke nelayan dan tentunya penindakan langsung pelaku illegal fishing di ten­gah laut. “Menteri KKP, Dirjen kalau bakti sosial di pulau-pulau sulit cari kapal,” tambahnya.

Kapal pesanan Susi ini merupak­an kapal markas perikanan pertama di Indonesia. Susi menjelaskan, ka­pal markas dirancang karena kapal pencuri ikan memiliki ukuran besar-besar, sehingga diperlukan kapal penangkap yang lebih besar dan canggih.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Mie Kuah Daging Bumbu Semur yang Nikmat dan Lezat

“Ini dasarnya Indonesia punya luas laut nomor dua terbesar di dunia dengan luas 5,8 juta km2. Tapi kapal yang ngawasi kecil. Kapal ikan maling ukurannya lebih besar, harga diri kita dikemanakan itu?” ungkap Susi.

Kapal ini juga bisa dipakai untuk misi pengawasan, pengintaian dan pemantauan maritim. Selain itu, kapal ini bisa mendukung aktivitas pencurian ikan atau illegal fishing karena bisa membawa kapal patroli di dalamnya.

============================================================
============================================================
============================================================