royal-enfield-himalayan-827_826x510_41453400971Inilah empat motor paling menarik di Auto Expo 2016 pameran otomotif terbesar di India. Sangat sesuai dengan pasar Indonesia, dan memiliki value sangat baik.

  • BMW G 310 R

Dilahirkan oleh BMW Motorrad di Jerman, dan dibawa ke India oleh TVS, BMW G 310 R naked streetbike akan mulai dijual di showroom BMW pada akhir 2016 (masa pemasaran di India dan Indonesia tidak akan terpaut jauh). Motor ini menjadi rival KTM Duke.

BMW G 310 R bermesin empat silinder 313 cc. Tenaga maksimalnya 33,6 hp, dan bertransmisi enam percepatan manual. Kecepatan puncaknya mencapai 145 km/jam dengan konsumsi bahan bakar 30 km/liter. Motor ini menggunakan frame baja tubular dengan lengan ayun alloy. Garpu depan upside down-nya berukuran 41 mm dan monoshock adjustable di belakang. Remnya dilengkapi ABS.

  • TVS Akula 310

TVS benar-benar luar biasa di Auto Expo 2016. Mereka merilis tiga motor konsep istimewa di sana, dan menurut kami Akula yang berarti Hiu dalam bahasa Rusia, adalah salah satu bintangnya. TVS Akula 310 menggunakan banyak serat karbon yang ringan.

Bermotifkan agresif, posisi duduknya pun sangat sporty. Kedua hal ini akan diteruskan hingga ke model produksi. Akula dilengkapi monoshock dan rem ABS di depan-belakang.

TVS Akula kemungkinan akan memakai mesin berkapasitas 313 c serupa dengan milik BMW G310 R dengan transmisi enam percepatan.

  • Aprilia SR 150

Piaggio memperkenalkan Aprilia SR 150, skuter terbaru mereka di Auto Expo. Skuter mengkombinasikan performa motor sport dan kenyamanan skuter matik. Desain skuter ini terlihat sangat agresif, dan dilengkapi dengan mesin berkapasitas 150 cc.

Tongkrongannya tinggi akibat memakai ban berukuran 14 inci. Sebagai piranti penghenti laju dipakai cakram berukuran 220 mm dan di belakang memakai rem drum berukuran 140 mm.

Aprilia SR 150 mengincar segmen niche sehingga bisa diperkirakan harganya akan tinggi. Pun begitu, dari desainnya, dan performanya, kami yakin produk ini bisa menggoda konsumen di Indonesia.

  • Royal Enfield Himalayan

Royal Enfield amatlah terkenal sebagai motor resmi Himalaya. Ini ada kaitannya dengan banyaknya para penyuka adrenalin menggunakan motor ini wara-wiri di Himalaya. Menghidupkan legenda ketangguhan Royal Enfield di medan tak ramah, Royal Enfield merilis Himalayan, motor adventure terbaru mereka di Auto Expo 2016, India.

Desain Himalayan sangat gagah, sekaligus sederhana. Tangki bahan bakarnya dilindungi tubular bar yang terhubung dengan frame  Motor ini memakai mesin 411 cc, satu silinder dilindungi oleh protector terbuat dari besi. Posisi oil cooler-nya pun diletakkan di tempat yang mudah diakses.

Dilihat dari panel indikatornya, mesinnya mampu berputar hingga 9.000 rpm. Panel instrumennya pun dilengkapi dengan fitur kompas digital. Himalayan tersedia dalam dua warna pilihan, yakni Granite dan Snow.

(hilman/net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================