alfian mujani 240APA perbedaan mendasar antara I need you (saya bu­tuh kamu), I love you (saya cinta kamu) dan I like you (saya suka kamu)? Dari sisi bahasa, pertanyaan ini mu­dah dijawab. Tetapi dari sisi rasa, ketiga kata itu jelas berkenaan dengan hubungan seseorang dengan orang lain, namun ada pene­kanan rasa yang berbeda.

Hubungan yang didasarkan pada pola “i need you” biasanya akan segera pudar ketika kebutuhannya telah terpenuhi. Hubungan yang didasarkan pada pola “i love you” biasanya akan bertahan lama karena ia didasarkan pada kesinambungan kimia jiwa. Hubungan sep­erti ini sepi sepi dari motif dan ramai dengan penyatuan diri. Karena menyata maka tak ada lagi “aku melawan kamu” melainkan “aku dan kamu bersama-sama melawan masalah kita.”

Apa bedanya i love you dan i like you? Menurut Sang Budha, suka dan cinta itu ber­beda persis seperti ketika seseorang menyata­kan “saya suka bunga” dan “saya cinta bunga.” Orang yang suka bunga akan berjuang men­dapatkannya, membelinya atau memetiknya. Sementara orang yang mencintai bunga akan merawatnya, menjaganya, menyiraminya dengan tulus sepenuh jiwa.

Anda ingin dicintai atau disukai?

============================================================
============================================================
============================================================

3 KOMENTAR