Untitled-7BOGOR, Today – Perayaan Cap Go Meh (CGM) Street Festival 2016 tinggal menghitung hari saja. Segala persiapan bukan hanya dilakukan pani­tia, semua pengisi acara juga tengah disibukan dengan persiapan konsep, kostum, koreografi dan lainnya. Seperti halnya yang dilakukan siswa siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Pariwisata Kota Bogor.

Puluhan anak-anak jurusan Tata Busana, Ke­las 11 dan 12 SMKN 3 saling bahu membahu demi menuntaskan karya mereka yang akan dipersem­bahkan pada helaran besar pesta rakyatnya urang Bogor itu. Dalam pembuatan kostum itu, Bogor Sahabat’s (Bobat’s) mempercayakan sebagian pembuatan kostumnya kepada siswa siswi ini, dengan tema ‘Fashion Ala Jember’.

“Bogor Sahabat mempercayai kita untuk membuat kostum bertemakan burung. Biaya dari mereka, kita hanya mengerjakan saja,” ujar Siti Syarifah H, penanggung jawab SMK Negeri 3 Bogor. Berbagai kesulitan dialami siswa-siswi SMK Neg­eri 3 Bogor, mulai dari konsep sampe finising mereka hanya diberi­kan waktu 10 hari. Namun den­gan waktu yang sangat singkat siswa-siswi SMK Negeri 3 Bogor dapat menyelesaikannya.

Baca Juga :  Simpan 43 Kg Sabu, Kakek Sofyan di Medan Dituntut Hukuman Mati

“Waktu yang sangat singkat membuat anak-anak kesulitan, ditambah lagi PR dari sekolah yang harus mereka kerjakan,” ungkap Siti Syari­fah H. Bahan yang digunakan dalam pembuatan kostum, sambung Syarifah, tak lain seperti busah sol sepatu, bulu sintetis, besi penunjang, dan manik-manik yang diberikan oleh Bogor Sahabat kepada siswi SMK Negeri 3 Bogor. Sampai saat ini proses pembuatan kostum telah selesai dan ting­gal dipergunakan dalam festival CGM.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Siapkan Bonus 309 Miliar Bagi Atlet Beprestasi di Asean Para Games 2022

“Karena berat, kostum ini nantinya tidak akan digunakan oleh siswa siswi, melainkan dipergu­nakan oleh TNI-AD Atang Sendjaja dan Brimob Kota Bogor dalam festifal CGM,” tutur Siti Syari­fah H. Sementara itu, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bogor, Syahlan Ra­syidi mengakui konsep perayaan sekarang jauh lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya. Sebab ada parade kostum yang dibuat oleh anak-anak SMKN 3 dan bekerjasama dengan Bogor Sa­habat’s. “Namanya ‘Fashion Ala Jember’, ini hasil karya anak-anak SMKN 3 Kota Bogor, anak-anak it­ulah perancangnya. Ini sangat men­arik sekali,” kata dia saat dite­mui.

(Malik/Latifa)