Untitled-10GERBANG penerimaan calon mahasiswa mahasiswi baru sudah mulai dibuka, bagi mereka yang baru lulus dari SMA/SMK, tentu jenjang kuliah jadi proses berikutnya untuk menjadi orang yang lebih sukses dan menjanjikan untuk masa depan. Untuk itu harus memilih jurusan yang tepat, sesuai dengan hati nurani dan passion. Tak dipungkiri, beberapa orang mengambil jurusan kuliah yang kira-kira dapat mencerahkan masa depan dengan kesempatan lapangan pekerjaan luas, sehingga pada saat lulus nanti tidak perlu lagi kerepotan mencari pekerjaan.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Direktur Sekolah Tinggi Pari­wisata (STP) Bogor Hotel Institut (BHI), Agung Djati Walujo mengungkapkan, perkembangan bisnis perhotelan, resto dan pendidikan perhotelan berkem­bang sangat pesat dan sangat diminati para pengusaha. Karena itulah lulusan BHI tidak sulit untuk bekerja sesuai bidangnya. Bahkan, tidak sedikit dari mereka telah bekerja meski belum lu­lus.

“Banyak kok Mahasiswa kami yang belum lulus sudah bekerja, malahan tempat mereka bekerja meminta anak didik kami untuk melanjutkan kerja di tempat tersebut jika sudah lulus nanti,” ungkap Agung.

Hal ini dirasakan betul oleh Alumni STP BHI, Ega Permana. Ega mengaku awalnya sempat bingung saat hendak masuk dunia perguruan tinggi. Han­ya saja, memang Ega sendiri lulusan sekolah kejuruan perhotelan dan pari­wisata, jadi memang sudah menjadi jodohnya ia memutuskan masuk ke STP BHI.

“Pertama kali masuk dunia perku­liahan saya merasa bingung karena me­mang dunia perhotelan dan pariwisata baru untuk saya. Awalnya, saya merasa tidak yakin dengan pilihan saya, tetapi setelah mengambil program D3 di STP BHI ini wawasan saya semakin menin­gkat tentang dunia pariwisata dan per­hotelan, dan saya pun menemukan pas­sion saya di dunia memasak,” urainya kepada BOGOR TODAY.

Kemudian, sambung Ega, pada se­mester kedua Egi merasakan pengala­man baru dalam dunia magang atau on the job training di Hotel Aryaduta, Se­manggi, Jakarta Selatan. “Banyak sekali ilmu yang diajarkan dalam perkuliahan yang saya terapkan ketika saya magang karena memang di kampus sering sekali praktek,” kenang dia.

Selain Hotel Aryaduta, msih kata Ega, ia juga merasakan pengalaman lebih banyak lagi ketika magang un­tuk yang kedua kalinya di Restaurant Lyon Hotel Mandarin sebagai seorang koki. “Kerja di bagian cook enak gak enak, yang pasti kerjaan kita beda dari yang lain. Seperti ada perasaan bangga tersendiri meskipun saya sibuk kerja tetapi saya masih biasa mengatur wak­tu untuk kuliah dan buktinya bulan oktober 2015 saya selesai TA dan su­dah lulus dari STPB. Pada bulan sep­tember 2015 saya mendapat Brown medal dari acara Salon Culinaire di katagori “Five Courses Set Menu Find Dinning”,” pungkasnya.

============================================================
============================================================
============================================================