DSC06823Memulai usaha baru tak harus selalu membeli peralatan baru. Contohnya Rika Salmons. Ia membuka usaha Bc Box C afe, peralatanya 80% barang lama yang sudah ada di rumah. Prinsipnya memanfaatkan kembali apa yang ada jadi tidak perlu modal besar.

Oleh : Hesti Amelia
[email protected]

Dengan konsep warung kopi dan harga terjangkau, Rika membuka B c Box di Jalan Bincarung 23 Tanah Sareal, Kota Bo gor.

Awalnya Rika seorang direktur dari bina ant arbudaya. Selama bekerja, setiap bulannya ia harus pergi keluar negeri. Kemu­dian ia juga pernah bekerja di Kedutaan Be sar Amerika. Ia berpikir kerjaannya akan lebih santai, ternyata lebih stre s. Ia ingin punya waktu banyak untuk menjalankan hobinya seperti masak, berso­sialisasi dengan teman, dan banyak hal yang ia bisa lakukan di Bogor ini sep­erti membuat komunitas den­gan teman-temannya.

“Mangkanya dibuat cafe ini dan saya punya anak ga­dis yang SMA kebetu­lan dia sedang ikut petukaran pelajar di Itali. Dari pada anak saya hangout keluar, lebih baik teman-temannya saja yang datang ke sini. Itu salah satu pemikiran kenapa cafe ini dibuat. Adik saya juga memiliki anak gadis. Biarlah teman-temannya yang dat ang ke sini jadi kita tau teman-temannya,” kata Rika kepada Bogor Today.

Menurut Rika, selain itu Bc Box juga permintaan dari tetangga. Karena Taman Heulang sekarang su­dah bagus dan rapih, banyak orang yang datang untuk olahraga pagi. Mereka perlu tempat untuk sarapan atau sekedar mi­num kopi sambil bersosialisasi di sini. Terutama weekend, gak semuanya berkenan untuk makan di sekelil­ing sini, kemudian mereka juga perlu tempat nyaman untuk duduk, berwifi, dan ke toilet yang bersih.

Menu yang disajikan di Bc B ox ada nasi bakar, bubur Menado, an­eka nasi goreng tom yum, ayam, seafood, dan sop tom yum. Ada juga toast bread, pancake, monte c risto. Tersedia aneka coffee pa­nas seperti coffee o, black coffee, americ ano, espresso, cappuci­no, coffee latte, affogato, hot chocolate. Ada juga minuman dingin tea o, ice te a leci, peach, atau lemon, juices, dan smootihes.

“Di sini selain kopi-kopi designer juga ada kopi sehari-hari yang kita sebut kopi o. Kopi o kita jual dengan harga Rp 5.000. Untuk sup tom yum banyak teman-teman yang ingin makan enak tom yum ha­rus ke Jakarta, saya bilang sekarang eng ga usah jauh-jauh ke Jakarta di sini saja lebih dekat,” katanya.

Harga minuman dan makanan mulai Rp. 5.000 – Rp. 35.000. Jam operasional B c Box setiap hari Senin-Kamis pukul 10.00-21.00, Jumat 10.00-22.00, dan Sabtu Minggu 07.30 -22.00. B c Box juga menye ­diakan tempat untuk rapat, arisa, ulang tahun dan lain-lain. Minimal 10 orang dengan kapasitas 30 orang.

“Rumah ini juga berkali-kali dipakai untuk wedding dengan kapasitas 500 undangan dengan harga sewa tempat Rp. 10.000.000. Kita lagi ada promo selama Feb ­ruari di skon 20% untuk semua menu, dan selama bu­lan Maret dis­kon 10%,” pungkas­nya.

============================================================
============================================================
============================================================