image-(25)Dewasa ini masyarakat Indo­nesia mulai banyak yang me­lirik bunga sebagai hadiah untuk orang-orang terkasih di hari istimewanya. Ulang tahun, kelulusan, perayaan hubun­gan, pernikahan, dan lain seb­againya. Bunga memang sim­bol kemurnian dan kesucian kasih sayang, tak heran penggemarnya semakin banyak dari hari ke hari.

Bunga asli yang masih segar nampaknya menjadi favorit sebagian besar pecinta isti­lah ‘say it with flowers.’ Akan tetapi, bunga segar tidak bisa disimpan dalam waktu lama karena beberapa hari setelah diberikan dia pasti akan layu. Kelemahan ini menyebab­kan bunga yang dibeli dengan harga ma­hal seringkali tidak dapat dinikmati dalam waktu lama. Tentunya ini akan menyulitkan Anda yang senang sekali melihat bentuk bunga dan ingin agar rumah atau meja kan­tor ada selalu terhiasi dengan cantik warna warninya.

Vanya_craft didirkan oleh Vanny Dwi Ca­hya sejak Januari 2016. Vanya_craft hadir un­tuk memberikan alternatif bouquet bunga dari kertas dengan biaya yang lebih murah, kualitas tahan lama dan anti layu.

Awalnya Vanny mendirikan Vanya_craft karena melihat sebuah foto dekorasi wed­ding. Bunganya terbuat dari kertas nanti­nya ia ingin dibuat untuk wedding dirinya sendiri. “Setelah mencoba membuat sebuah bouquet bunga ada yang suka dan langsung dipesan. Karena saya juga hobby dan senang dijadikan usaha. Dalam mendirikan usaha ini saya harus pintar membagi waktu antara pekerjaan di kantor dan Vanya_craft,” ungkap Vanny kepada Bogor Today.

Vanya_craft menjual produk bou­quet bunga dan mahar homemade. Selama bulan Februari sampai Maret untuk bouquet bunga ma­sih harga promosi dari range harga Rp. 45.000-Rp. 150.000. Sedangkan mahar diliat dari kesulitan pembuatan. “Ba­han bunga semuanya terbuat dari kertas. Tetapi sekarang ini saya masih belum men­emukan suplier kertas di Bogor untuk bahannya ” katanya.

Menurut Vanny, den­gan sistem penjualan online, untuk customer daerah bogor bisa cash on delivery (cod) tanpa menambah ongkos kir­im. Modal awal yang hanya Rp. 800.000, omset perbulan bisa mencapai Rp. 1.500.000-Rp. 2.000.000.

(Hesti Amelia)

============================================================
============================================================
============================================================

2 KOMENTAR