Untitled-7Memasuki hala­man SDN La­wang Gintung 2 Kota Bogor ternyata sep­erti masuk taman yang sejuk. Meski tak terlalu luas, halaman ini penuh dengan koleksi po­hon yang sangat beragam, mu­lai pohon belimbing, mangga, kelengkeng, sirsak hingga po­hon salam pun ada. Padahal, kalau dilihat dari luar sekolah ini tampak biasa saja.

RICKY ISKANDAR
[email protected]

‘’Alhamdulillah, sekolah kami sudah ikut program Adi­wiyata,’’ ujar Kepala SDN La­wang Gintung 2 Nuji S.Pd, MM dalam acara menanam pohon bersama Bogor Hejo-Surat Ka­bar Harian Bogor Today, RAPI, di halaman sekolah, Senin (29/2/2016).

Karena SDN Lawang Gin­tung 2 ini merupakan sekolah Adiwiyata, kata Alfian Mujani, pemimpin Redaksi Bogor To­day, penananam pohon yang dilakukan Gerakan Bogor Hejo kali ini, sekedar untuk meleng­kapi dan menguatkan apa yang sudah berjalan. ‘’Karena itu, yang terpenting kita lakukan sekarang adalah membangun kesadaran baru di lingkun­gan para guru dan anak-anak sekolah tentang pentingnya menanam pohon setiap hari,’’ katanya.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Apresiasi Kadin Laksanakan Pasar Murah Kendalikan Laju Inflasi Daerah

Itu sebabnya, Tim Bogor Hejo lebih banyak menggelar kuis edukasi untuk mengenal­kan kembali aneka jenis pohon buah-nuahan, nama pohon, manfaat menanam pohon, dan semua hal yang berkaitan den­gan upaya pelestarian lingkun­gan melalui gerakan penana­man pohon setiap hari secara konsisten dan berkelanjutan. ‘’Tentu, kami sangat senang dan berterima kasih kedata­ngan Bogor Today dan Bogor Hejo di sekolah kami. Ini suatu kehormatan,’’ kata Nuji.

Ikut hadir dan menyem­arakan kuis edukasi pohon ini Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono, Sekretaris Bogor Hejo Tato Marsito, relawan Bo­gor Hejo Amalia Dian (Amel), Indra, dan Ketua LPM Lawang Gintung Primardito Hutabarat, dan Ricky Iskandar dari surat kabar harian Bogor Today.

BACA JUGA :  Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Kota Bogor, Sabtu 23 Maret 2024

SDN Lawang Gintung 2 bukan hanya keren koleksi pohonnya, tetapi juga hebat dalam menanamkan kesadaran lingkungan bagi anak-anak did­iknya. Menariknya, sekolah ini juga memiliki lagu, mars, dan yel-yel tentang lingkungan hidup. Ketika tim Bogor Hejo hadir di sekolah ini, sekitar 100 anak sudah menyambut di lapangan dengan menyanyikan lagu-lagu bertema lingkungan, kebersihan dan pohon.

Anak-anak yang terdiri dari kelas 5 dan kelas 6 ini benar-benar sangat luar biasa. Ke­beranian dan antusiasmenya mengikuti kuis edukasi pohon pun sangat membanggakan. Mereka berusaha mengejar dan memburu setiap pertan­yaan yang diajukan Amel dan Heri Cahyono. Kepala sekolah dan para guru juga ikut men­gajukan pertanyaan untuk mengecek kembali pengeta­huan anak didiknya tentang jenis-jenis tanaman pohon dan manfaatnya. (*)

============================================================
============================================================
============================================================