Untitled-9“Kuman itu benar-benar ada dimana-mana, bahwa Acanthamoeba, parasit bersel tunggal, mempengaruhi bakteri yang ditemukan pada kontak lensa yang kotor. Ketika lensa dikenakan pada mata, kuman akan memulai memakan bola mata melalui kornea, serta lapisan terluar bola mata”

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Penggunaan lensa kontak tidak se­lamanya aman untuk kesehatan mata. Sebab dalam rutinitas peng­gunaannya banyak kuman-kuman yang berada pada cairan kontak lensa. Kuman itu menggerogoti bola mata dan bisa menyebabkan kebutaan.

Parasit yang ditemukan dan membahay­akan mata itu adalah Acanthamoeba. Acan­thamoeba adalah parasit yang juga ditemu­kan di debu, laut, shower, dan juga di kolam renang.Apalagi, jutaan orang di seluruh dunia diperkirakan berada pada risiko kebutaan.

Jumlah infeksi aktual sebenarnya kecil, tapi pengobatan yang dilakukan bisa panjang, menyakitkan, serta tidak sepenuhnya efektif. Dr Hendrik Tagor, mengatakan bahwa kuman pada lensa kontak tersebut adalah masalah potensial untuk setiap pengguna kontak lensa single (hanya punya sepasang).

BACA JUGA :  8 Penyebab Susah Turunkan Berat Badan, Simak Ini

“Kuman itu benar-benar ada dimana-ma­na, bahwa Acanthamoeba, parasit bersel tung­gal, mempengaruhi bakteri yang ditemukan pada kontak lensa yang kotor. Ketika lensa dikenakan pada mata, kuman akan memulai memakan bola mata melalui kornea, serta lapisan terluar bola mata,” paparnya.

Gejala yang timbul, di antaranya mata gatal, berair, penglihatan kabur, peka terhadap cahaya, pembengkakan kelopak mata atas, hingga rasa sakit yang ekstrem. “Penglihatan bisa secara per­manen rusak dalam satu pekan,” kata dia.

Umumnya kuman tersebut meninggalkan jaringan parut. “Kornea Anda adalah jendela hidup Anda dan jika infeksi menembus menu­ju lapisan ketiga, Anda akan tersisa dengan jaringan parut, dengan semacam kacamata angin yang sangat dingin,” beber dia.

BACA JUGA :  7 Makanan Sehat Ini Ternyata Akan Bantu Turunkan Gula Darah

Menurut dia, kebanyakan dari 75 infeksi yang tercatat setiap tahun di Inggris terjadi karena orang gagal mengikuti instruksi yang diberikan dokter mata mereka.

Nasihat untuk menghindari kuman terse­but, di antaranya adalah menjaga lensa dan penutupnya tetap bersih dan mengganti peng­gunaan lensa secara reguler. Bahkan, dokter juga sering memberikan peringatan untuk menghindari mengenakan kontak lensa ketika berenang. Dan jika kontak lensa digunakan saat mandi, mata harus ditutup rapat.

“Kami tidak ingin orang kemudian ber­pikir tidak dapat mengenakan kontak lensa lagi. Itu bukan tujuannya. Kami hanya ingin mengatakan bahwa mereka perlu rajin dalam menjaga kontak lensa dan menjaganya tetap bersih,” pungkasnya.

============================================================
============================================================
============================================================

5 KOMENTAR

  1. Ha ha. KHK ber¶.rÃTill Oiarn:Vilka signaler tycker du herr SKOOG sänder dÃ¥ han värvar.Du kallar det säkert för, att han agerar.Det brukar lÃ¥ta sÃ¥.Ta ett glass rött till.Pajas.

  2. he once worked as a warehouse manager but now lives on government disability checks. He said he receives $1,300 a month because of his congestive heart failure, diabetes and hypertension. He has private health insurance through his wife, who works for a company that sells forklift products."You just can't make shit like this up. Here you have it, the whole teabagging paradigm in one man: militiaman, NWO conspiracy kook, libertarian and government sponge. LOL.

  3. Hello there I like your blog site. Would you like to visitor submit upabout my own at some point? In that case make sure you let me know by means of email or perhaps answer this particular comment simply due to the fact We signed up for notices and definately will know if you do.

  4. I have got 1 recommendation for your web site. It seems like right now there are a handful of cascading stylesheet problems when opening a number of web pages within google chrome as well as internet explorer. It is working fine in internet explorer. Probably you can double check this.

  5. Great review, Jay.Although a dedicated S&W guy, I have really liked a lot of Charter Arms revolvers. I reviewed the hammerless one, and thought it offered some very real advantages over my S&W 642. In fact, I still kick myself for sending it back – I should have bought the darn thing.BTW – Only two of their revolvers meet MA standards?? Argh!-Richard