arif_1-1JAKARTA, TODAY – Indonesia Soc­cer Championship (ISC) terus mem­persiapkan diri menjelang kickoff bulan depan. Mereka pun berencana melakukan launching resmi pada 9 April di Jakarta.

Direktur Kompetisi dan Regu­lasi PT Gelora Trisula Semesta (GTS), Ratu Tisha Destri, menjelaskan bah­wa saat ini ada tiga aspek yang diper­siapkan. Selain kesiapan launching pada 9 April, juga soal finalisasi spon­sor dan hak siar televisi dan keleng­kapan dokumen registrasi peserta.

“Kami rencananya akan launc­ing pada 9 April di Jakarta. Kami juga sedang menyusun materi dan waktu pelaksanaan workshop soal kelanju­tan tentang pembahasan kami pada 26 Februari lalu, yakni strategi sport program, club development, player protection sampai fans and com­munity,” ujar Tisha saat dihubungi wartawan, Jumat (4/3).

Dari sekian aspek tersebut, Tisha mengaku masih menunggu keleng­kapan registrasi dari para peserta. Dia berharap pekan depan dokumen tersebut sudah rampung.

BACA JUGA :  Jadwal Pertandingan Wakil Indonesia di Final Swiss Open 2024

“Nanti kalau registrasi peserta sudah lengkap. Baru dibuka kapan pendaftaran pemain,” kata dia.

Tak hanya mempersiapkan soal teknis penyelenggaraan ISC A yang diikuti oleh 18 klub ISL, PT GTS juga menggeber persiapan ISC B untuk Divisi Utama dengan 59 klub peserta, plus kompetisi kelompok umur dan amatir.

Pakai Wasit Terbaik

Perangkat pertandingan men­jadi unsur penting dalam peny­elenggaraan kompetisi Indonesia Super Competition (ISC) agar bisa berjalan bersih dan fairplay. PT Gelora Trisula Semesta (GTS) pun sudah mempersiapkan sejumlah wasit terbaik.

Kompetisi ISC dijadwalkan kick­off pada 15 April mendatang. ISC sendiri kategorikan menjadi dua, yakni ISC A untuk ISL dan ISC B untuk Divisi Utama. Masing-masing diikuti oleh 18 klub ISL dan 59 klub DU. Direktur Utama PT GTS, Joko Driyono, mengatakan saat ini sedang mempersiapkan kebutuhan kom­petisi ISC tersebut. Salah satunya adalah memilih perangkat pertand­ingan, yakni wasit.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Menuju Vietnam, Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pria asal Ngawi ini menjanjikan kompetisi ISC akan dipimpin oleh wasit-wasit terbaik di Indonesia. Dia tak menampik, ada sejumlah wasit dari ISL yang akan dipakai di kom­petisi ISC. “Untuk wasit, sudah kami persiapkan. Yang pasti, kompetisi ISC akan hadir wasit-wasit terbaik, termasuk dari ISL,” ujar Joko kepada detikSport, Selasa (1/3).

Untuk membahas planning se­lanjutnya, Joko mengatakan dia akan kembali mengumpulkan selu­ruh klub peserta ISC pada 9 April. Joko berharap event ini bisa berja­lan sesuai rencana, meski kondisi sepakbola Indonesia masih belum menentu.

Joko juga tetap optimitis kompe­tisi ISC bisa menjadi terobosan, yang diharapkan bisa menjadi lebih baik dari kompetisi sebelumnya. “Kami ingin event sekaligus sebuah tero­bosan yang dimana kondisinya tidak ideal ini bisa berjalan. Dimana sudah disebutkan, ada stabilitas keuangan, dll menjadi fokus utama,” pungkas­nya.

(Imam/net)

============================================================
============================================================
============================================================