Valentino-Rossi-in-Assen-009Pengobatan alternatif bekam semakin meramaikan dunia kesehatan di Indonesia beberapa tahun terakhir ini.Tidak hanya di Indonesia, di Amerika sendiri metoda bekam sudah dilakukan oleh beberapa public figure ternama di Hollywood, diantaranya aktris Demi Moore dan Gwyneth Paltrow serta sebagaimana Britney Spears.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Pengobatan alternatif ini menawarkan penyem­buhan berbagai macam penyakit dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang pengobatan medis. Pen­gobatan alternative bekam ini ber­asal dari Timur Tengah. Merupakan media penghisapan darah dengan alat menyerupai tabung, menge­luarkan darah dari permukaan kulit dengan penyayatan.

Dengan melakukan penghisapan atau vakumisasi maka terbentuklah tekanan negatif di dalam cawan atau kop, sehingga terjadi drain­ase cairan tubuh berlebih (darah kotor) yang diikuti toksin, meng­hilangkan perlengketan atau adhesi jaringan ikat dan akan mengalirkan darah bersih ke permukaan kulit dan jaringan otot yang mengalami stagnasi, serta merangsang sistem syaraf perifer. “Bekam merupakan metode pengobatan klasik yang telah digunakan dalam mengobati berbagai kelainan penyakit seperti hemophilia, hipertensi, gout, reu­matik arthritis, sciatica, back pain (sakit punggung), migraine, ver­tigo, anxietas (kecemasan) serta pe­nyakit umum lainnya baik bersifat fisik maupun mental,” urai Pakar kolesterol, DR. dr. Ernie Purwan­ingsih , MS.

BACA JUGA :  Minum Air Jahe Setiap Hari, Apa Sih Manfaatnya? Simak Ini

Menurut kajian medis, sambung Ernie, manfaat dan cara kerja bekam tidak berkaitan dengan darah kotor atau mengelurkan angin seperti di­analogikan oleh masyarakat non medis. Menurut dunia medis da­rah kotor atau racun dalam darah tidak dapat hanya dibuang dengan mengeluarkan hanya sebagian kecil dalam darah seperti yang dilakukan saat bekam.

“Bekam bisa menurunkan tekan­an darah dan kolesterol jahat, serta meningkatkan kadar kolesterol baik. Hasil studi yang dimuat dalam BMC Medicine tersebut cukup mengejut­kan. Selain bekam, orang yang men­donasikan darahnya setiap enam bulan sekali lebih jarang terkena serangan jantung dan stroke,” tam­bahnya.

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Cara Melancarkan BAB Secara Alami, Bisa Cegah Sembelit Juga

Bekam memiliki banyak manfaat dalam mengobati butuh, dan bekam menjadi pengobatan tradisional yang masih sangat berguna man­faatnya terutama dalam mencegah penyakit dan menyembuhkan pe­nyakit kronis. Apalagi jika dikombi­nasikan dengan obat-obatan medis, herbal dan propolis. Maka akan ter­ciptanya penyembuhan yang ber­basis semua lini kesehatan sehingga penyembuhan pun akan menjadi optimal.

“Ada 100 Penyakit yang dapat diobati dengan terapi bekam seperti Hipertensi, hiperuricemia (Gout/ Pirai), hiperkolesterolemia, stroke, parkinson, epilepsy, migrain, ver­tigo, gagal ginjal, varises, wasir (hemoroid), dan semua keluhan sakit (rematik, ischialgia/sciatica, nyeri pinggang bawah), penyakit darah (leukemia, thalasemia), tin­nitus, asma, alergi, penyakit sistim imun (SLE, HIV), infeksi (Hepatitis, elefantiasis), Glaukoma, Insomnia, enuresis/mengompol, mania, skizo­fren, kesuburan (fertilitas) dan ke­cantikan,” pungkasnya.

============================================================
============================================================
============================================================