catur-foto-malikBOGOR, TODAY – 100 pecatur tingkat SD dan SMP di wilayah Kabupaten Bogor ambil bagian dalam Festival Catur antar pelajar yang diadakan Di­nas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor, serta Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) di Hotel Grand ORRI Citeureup, Senin (14/3/2016).

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Ke­pala Dinas Pemuda dan Olahraga (Ka­dispora) Kabupaten Bogor, Yusuf Sadeli dan diselenggarakan selama lima hari mulai 14 – 18 Maret 2016.

Dalam sambutannya, Yusuf Sadeli mengatakan sangat mengapresiasi acara tersebut. Menurutnya, event seperti ini harus disosialisasikan kepada seluruh warga Kabupaten Bogor.

“Kita mempunyai keinginan besar untuk menjadi juara umum khususnya di cabang olahraga catur, pada Pekan Olahraga Daerah (Porda), 2018 men­datang,” ujar mantan Sekdisdik Kabu­paten Bogor ini.

BACA JUGA :  Ini Daftar 16 Atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Manurut dia, festival catur seperti ini baru pertama kali diselenggarakan. “Saya berharap kegiatan ini menjadi agenda ru­tin, supaya bibit-bibit atlet catur potensial bisa bermunculan,” ungkapnya.

Kabupaten Bogor memang memiliki potensi atlet catur yang besar. Buktinya, beragam prestasi fantastis berhasil di­ukir para atlet, mulai dari turnamen lokal, regional, nasional, hingga internasional. “Saya berharap, atlet-atlet seperti Arif yang merupakan master fide bisa bermuncu­lan,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Sekertaris Umum Percasi, Bije Suratman men­gatakan, Kabupaten Bogor saat ini sedang gencar-gencarnya mencari bibit atlet catur yang berpotensi tinggi.

“Saat ini, kami sedang giat mencari atlet potensial sebe­lum Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Pop­da), Kejurda, dan Porda. Namun untuk Porda khusus­nya, kami masih mengalami kekuran­gan atlet di kelompok umur tujuh, sembilan, sebelas, tiga belas, lima belas, tujuh belas dan sembilan belas tahun,” ucap Bije.

BACA JUGA :  Nathan Tjoe-A-On Dipastikan Perkuat Indonesia di Piala Asia U-23

Koordinator penyelenggara, Danny Ferdiansyah mengatakan, pada event ini, para atlet akan saling bertarung un­tuk meraih poin terbanyak, untuk putra, dan putri dipisah, serta untuk kategori SD, serta SMP digabung untuk saling bertanding.

“Kami sudah menyiapkan tim-tim untuk mengamati, serta menyeleksi para atlet, yang nantinya kami ambil untuk memperkuat kontingen Kabupaten Bo­gor pada perhelatan Popda, Kejurda, hingga Porda,” imbuhnya. Dalam acara ini, dihadiri juara catur Asia Tenggara 2011, Arif Abdul Hafiz. Dirinya akan mela­wan 100 peserta yang ikut festival ini.(Abdul Malik/Imam) 

============================================================
============================================================
============================================================