diajeng-catur-foto-malikBOGOR, TODAY – Pecatur putri SDN Pajel­eran Cibinong, Diajeng Theresa Singgih dan pecatur putra SDN Pabuaran 3, Achmed Alfi Nabawi berhasil meraih juara pertama, pada partai dinal Festival Catur Pelajar antar sekolah dasar, serta sekolah menengah per­tama di Hotel Grand ORRI, Citeureup, Rabu (16/3/2016).

Pada partai final Diajeng Theresa Singgih berhasil meraih poin sempurna tujuh poin, se­dangkan Achmed Alfi Nabawi berhasil meraih poin enam setengah. Dengan torehan itu membuat kedua atlet bertengger di urutan ter-atas putra dan putri Festival Catur Kabupaten Bogor.

Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasa­rana Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Ka­bupaten Bogor, H. Zainandi mengatakan puas dengan keberhasilan di gelarnya Festival Catur Kabupaten Bogor tingkat SD dan SMP.

Menurutnya, event seperti ini dapat mela­hirkan atlet-atlet potensial yang dapat meng­harumkan nama besar Kabupaten Bogor, dan mulai saat ini Festival Catur akan diselenggara­kan se-tahun sekali.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23 2024

“Saya mengucapkan selamat kepada para juara. Mulai saat ini Festival Catur akan men­jadi agenda rutin setiap tahunnya, karena dalam event ini kita dapat menghasilkan atlet-atlet berprestasi,” katanya.

Sekertaris Umum (Sekum) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Bogor, Djuanda menambahkan, perhelatan Festival Catur Kabupaten Bogor sukses diselenggara­kan.

Para atlet yang juara dan berpotensi nanti­nya akan dibina untuk cikal bakal regenerasi atlet Pekan Olahraga daerah (Porda) yang akan datang.

“Alhamdulillah event festival catur ini suk­ses digelar, walaupun banyak peserta yang tidak bisa hadir karena bentrok dengan ujian disekolahnya, tapi event ini tetap ramai dan sukses,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Resmi Protes ke AFC Soal Kepemimpinan Wasit Nasrullo Kabirov

Pengurus Besar (PB) Persatuan Catur Se­luruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Bogor sekaligus pelatih Achmed Alfi Nabawi, Endar Sakti Lubis mengatakan, per­saingan dalam event festival catur sangat ketat, dimana peserta saling kejar mengejar poin.

”Untuk peserta putra sulit dipre­diksi, setiap atlet saling kejar menge­jar. Untuk putri sudah diprediksi se­jak awal, pemenangnya pasti Diajeng Theresa Singgih,” ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk atlet yang juara di­harapkan bisa mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) mendatang dan kejuaraan Asia Tenggara Ju­nior di Thailand.

“Saya berharap setelah ini atlet berpotensi dapat mengikuti kejuaran Asia Tenggara Junior di Thai­land, Mei mendatang. Saya menginginkan atlet-atlet dapat mengikuti jejak Arif Abdul Hafiz juara catur Asia Tenggara 2011,” pung­kasnya.

(Abdul Malik/ Imam)

============================================================
============================================================
============================================================