CIBINONG, TODAY – Satuan Poli­si Pamong Praja (Satpol PP) Kabu­paten Bogor bakal menertibkan 1.200 Pedagang Kaki Lima (PKL) dengan pola humanis. Dimana ribuan PKL tersebut tidak di hi­langkan, tetapi diberikan tempat khusus bagi para PKL sesuai den­gan aturan yang berlaku.

Kasatpol PP Kabupaten Bogor, Tb Luthfie Syam menuturkan, mulai tahun ini pola penertiban dan penegakan Peraturan Daerah (Perda) yang dilakukan pihaknya melalui pendekatan yang lebih bersahabat dengan masyarakat.

“Penataan dan pemberday­aan PKL kami lakukan melalui pendekatan, kami lakukan shar­ing agar mereka lebih paham dengan peraturan yang berlaku di Kabupaten Bogor. Sehingga mereka mau kami tertibkan, se­banyak 1200 PKL kami berhasil relokasi kesejumlah tempat yang telah kami sediakan,” tutur Lut­fie, Rabu (23/3/2016).

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Tersangkut Tumpukan Kayu di Sungai Dalu Dalu Batubara

Untuk lebih optimal dalam melakukan penegakan perda den­gan cara humanis, pihaknya terus melakukan berbagai pelatihan kepada seluruh anggota Satpol PP Kabupaten Bogor melalui bimbin­gan teknis yang bekerjasama den­gan pihak Kementerian.

“Ini kami lakukan untuk mem­perkuat Sumber Daya Manusia (SDM) Satpol PP Kabupaten Bo­gor, kami ingin kehadiran Satpol PP lebih dekat dengan masyara­kat Kabupaten Bogor. Sehingga mereka memiliki kemampuan profesional dalam melakukan penegakan Perda, kami tidak han­ya sekedar menertibkan, tetapi bagaimana memfasilitasi para PKL ditempat yang lebih nyaman. Kami juga bekerjasama dengan pi­hak swasta sehingga seluruh PKL bisa kami fasilitasi dengan maksi­mal,” ucapnya.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Raih Penghargaan Terbaik Pertama Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards Tahun 2024 Tingkat Nasional

Ditempat yang sama, Kasat­pol PP Provinsi Jabar, Udjuwala­prana Sigit mengatakan, Satpol PP harus jadi sahabat masyara­kat bukan musuh masyarakat. Sehingga cara dan pola pener­tiban harus dilakukan dengan lebih humanis dan profesional. Cara arogan seperti penggu­suran yang dilakukan secara paksa harus dihilangkan, tetapi dilakukan melalui pendekatan sehingga mereka dengan hati terbuka mereka berkenan untuk ditetribkan.

(*/Rishad)

============================================================
============================================================
============================================================