Untitled-8

 

 Menanam pohon di SDN Kaump­andak 2 Jalan Pomad, Karade­nan, Kabupaten Bogor, memberikan pengala­man tersendiri. Sekolah ini memiliki area lahan terbuka yang sagat luas, namun koleksi pohonnya sangat sedikit. Al­hasil, lingkungan sekolah ini terasa sangat panas.

RICKY ISKANDAR
[email protected]

‘’Dulu di halaman ini ter­dapat beberapa pohon sari­kaya, tapi ditebang oleh kepa­la sekolah yang dulu,’’ cerita seorang guru ketika ditanya Bogor Today, mengapa di hala­man yang luas ini sedikit sekali pohonnya.

Meski tak memiliki koleksi pohon memadai, pengetahuan para muridnya tentang nama pohon, manfaat pohon, dan pentingnya menciptakan ling­kungan yang hijau dan sejuk. Ini terbukti ketika Amalia Dian Puspitasari memandu kuis po­hon, hampir semua anak yang mengacungkan tangan dan mau ke depan tahu persis nama po­hon yang akan ditanam. ‘’Peng­etahuan anak-anak sekolah ini tentang pohon luar biasa,’’ ko­mentar Amel, panggilan akrab Amalia Dian Puspitasari.

Yang juga luar biasa dari sekolah ini, hampir seluruh siswa-siswinya dilibatkan dalam acara menanam po­hon bersama Tim Bogor Hejo yang dilakukan pada Kamis (24/3/2016). Keculai kelas 6 yang sedang melaksanakan try out, mereka tetap belajar di ruang kelas. Karena begitu banyaknya siswa yang dilibat­kan pada acara edukasi pohon dan menanam pohon, suasan­anya pun sangat meriah.

BACA JUGA :  Kebakaran Hangsukan Kapal Wisata Sea Safari 7 di Perairan Labuan Bajo

Amel yang selalu tampak bersemangat memandu kuis bersama Sekretaris Bogor Hejo Tato Marsito, Rudi Irawan dan Ricky Iskandar dari Bogor To­day, tampak kewalahan meng­hadapi ratusan anak yang terus memburunya karena ingin kebagian mendapat per­tanyaan seputar nama pohon, manfaat pohon, dan pentingn­ya kegiatan menanam pohon setiap hari.

Maklum, setiap anak yang bisa menjawab dengan tepat pertanyaan dari Amel, mereka mendapat hadiah sumban­gan dari para donatur Bogor Hejo. Yayasan Indera Surya, misalnya, menyediakan paket sembako, kotak pensil dan tumbler dari Linda Kristanti Nussy SH (Bank BRI Dewi Sar­tika) dan Najamudin. Semen­tara 2 kantung beras 5 kiloan dan buku tulis didapat dari do­natur Bogor Hejo yang minta tak disebutkan namanya.

‘’Kami atas nama SDN Kaumpandak 2 Kabupaten Bo­gor sangat berterimakasih ke­pada surat kabar harian Bogor Today dan Bogor Hejo yang telah membantu kami melaku­kan penanaman kembali lahan kosong di sekolah kami,’’ kata Atin S.Pd dalam sambutannya mewakili Kepala Sekolah Karti­ni S.Pd yang berhalangan hadir.

Atin dan para guru ber­harap, Tim Bogor Hejo bisa kembali dengan membawa bibit pohon yang lebih banyak lagi untuk menghijaukan hala­man sekolah yang sangat luas namun panas lantaran tak me­miliki pohon yang memadai. ‘’Kami akan terus berupaya menanami lahan yang kosong sehingga lingkungan sekolahan akan menjadi sejuk dan hijau,’’ kata Atin, ‘’Karena itu, kami mohon bantuan dan dukungan Tim Bogor Hejo untuk melaku­kan penanaman,’’ tambahnya.

BACA JUGA :  Todong Sajam, 2 Pengamen di Bandarlampung Coba Rampas Motor Warga

Pemimpin Redaksi Bogor Today Alfian Mujani yang hadir pada acara ini meminta pihak sekolah aktif melibatkan para murid dalam melakukan pe­nanaman dan pemeliharaan pohon di lingkungan sekolah. ‘’Para murid di sini memiliki pengetahuan yang memadai tentang pohon dan lingkun­gan hidup. Agar pengeta­huan mereka tentang pohon berkembang, maka kami men­yaranan agar pihak sekolah memfasilitasi mereka untuk menanam pohon dan berke­bun di lingkungan sekolah yang sangat luas ini,’’ kata Alfian.

Menurut Alfian, untuk men­dapatkan bibit pohon, pihak sekolah bisa menghubungi Tim Bogor Hejo atau BLH Kabupat­en Bogor. Bisa juga langsung mengajukan permintaan bibit pohon buah ke Paguyuban Bu­diasih di kawasan Kadumanggu, Sentul, Kabupaten Bogor.

SDN Kamumpandak 2 me­miliki guru sebanyak 19 orang, termasuk guru PNS dan hon­orer. Hampir semua guru ikut terlibat dalam acara penana­man pohon bersama Tim Bogor Hejo. Mereka juga tampak san­gat antusias mendampingi para murid dalam menanam pohon.

Bagi Halaman

============================================================
============================================================
============================================================