Untitled-1Menanam pohon di Kodim 0606 Kota Bogor ternyata melahirkan ban­yak cerita. Mulai dari kisah Nabi Nuh AS menanam pohon hingga seratus tahun un­tuk membangun kapal dari Kas­dim Mayor Inf Alamsyah hingga cerita Ketua DPRD Kota Bogor H Untung W Maryono yang mulai terbiasa bangun pagi setelah ser­ing mengikuti kegiatan menanam pohon bersama Tim Bogor Hejo.

RICKY ISKANDAR
[email protected]

‘’Bagi saya, menanam pohon ini bukan saja sebagai perjuangan menghijaukan kembali Kota Bo­gor seperti tahun-tahun 1980-an, tetapi juga membuat hidup saya lebih sehat. Sebab, dengan me­nanam pohon saya mulai terbiasa bangun lebih pagi,’’ ujar Untung W Maryono dalam sambutannya pada acara penanaman pohon bersama Bogor Hejo di Markas Ko­dim 0606 Jalan Jenderal Sudirman Kota Bogor, Jumat (4/3/20160

Yang luar biasa, acara tanam pohon di Kodim ini juga diahad­iri Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bogor Katarina Endang Sawestri SH MH, Dandenpom 3/1 Mayor CPM Reza Nasution, Pemimpin Redaksi SKH Bogor Today Alfian Mujani, Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono dan Sopian Ali Agam, Kepala Cabang Bank BJB Kota Bogor Wahyu, Kepala Cabang BNI Kota Bogor Emmy Gogo Harahap, Pasi Pers Kodim 0606, Pasi Ops, Pasi Logistik, para Babinsa, para relawan Bogor Hejo, dan pengurus RAPI.

BACA JUGA :  Remaja di Cicalengka Bandung Dibacok Geng Motor Slotter

Dandim 0606 Letkol Inf Mukhamad Albar sendiri tak bisa bergabung lantaran menjalankan tugas pengawalan kepreside­nan mendampingi Danrem 061 Suryakancana Kolonel Inf Fulad. ‘’Salam hormat dari Pak Dandim. Beliau tidak bisa bergabung ka­rena sedang menjalankan tugas kenegaraan,’’ kata Alamsyah.

Menurut Alamsyah, kegiatan menanam pohon bukan saja pent­ing bagi penyelmatan lingkungan, menyelamatkan air dan udara, tetapi juga merupakan perintah dari agama. ‘’Saya kira agama apapun sangat menganjurkan ke­pada kita agar menjaga harmoni­tas alam ini dengan menanam po­hon,’’ katanya, ‘’Dan, kita harus belajar kepada Nabi Nuh Alaihi Salam yang berusaha keras mena­nam pohon selama hampir sera­tus tahun untuk membuat kapal. Kisah ini mengisyaratkan bahwa menanam pohon itu penting di­lakukan sebelum kita melakukan pembangunan fisik yang lain,’’ tambahnya.

BACA JUGA :  Rekonsiliasi Tokoh Politik Bumi Tegar Beriman, Jelang Pilkada 2024 Pajeleran dan Bilabong Kian Harmonis

Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bogor Katarina Endang Sawesti SH MH sangat mendukung gera­kan penanaman pohon yang di­lakukan setiap hari oleh Bogor Today melalui program Bogor Hejo. ‘’Saya benar-benar tertarik ikut karena Pak Heri Cahyono mengabarkan kepada saya bahwa menanam pohon ini merupakan amal jariah,’’ kata Katarina yang memang memiliki kecintaan me­nanam pohon.

Acara kian semarak ketika Heri Cahyono mengetes pengeta­hun para pesrta kegiatan tentang nama-nama pohon yang akan ditanam. ‘’Ini metode yang di­gunakan Tim Bogor Hejo dalam melakukan edukasi kepada masyarakat dan anak-anak se­kolah mengenai pohon, manfaat menanam pohon,’’ ujar Heri. Yang bisa menebak nama pohon yang ditunjukkan Heri berhak mendapatkan hadiah beras dari SKH Bogor Today dan payung cantik dari Bank BJB.

Jumlah pohon yang ditanam merupakan pohon sumbangan dari Paguyuban Budiasih BNI go­green dan sumbanagan dari do­natur pohon. Acara diakhiri den­gan minum kopi bersama di teras Makodim 0606. (*)

============================================================
============================================================
============================================================