IMG_3134Dulu, saat kakek dan nenek Anda menikah, mereka mampu mengurus sendiri semua perlengkapan acara pernikahan mereka. Akan tetapi, sekarang ini tampaknya jaman su­dah berubah. Pasangan yang akan meni­kah sekarang justru sibuk mencari wed­ding organizer profesional yang akan mereka pilih untuk menciptakan perni­kahan yang telah mereka impikan selama ini. Atas dasar tersebut, tak heran bisnis ini memiliki peluang yang sangat bagus.

Seperti Rahmat Suriakusumah, me­lihat peluang usaha wedding planner masih sangat terbuka lebar dan ber­potensi menjadi sebuah industri be­sar. Ia mendirikan Gelar Inspira Chan­tika sejak 1 Maret 2014 di Kota Bogor.

“Saya mengawali usaha ini dengan latar belakang pendidikan dibidang pariwisata atau hospitality dan bisnis ini menjadi bagian dari sebuah hospitality. Pengalaman saya bekerja di bisnis food and service menumbuh kembangkan niat saya untuk menciptakan sebuah us­aha yang lebih lengkap didunia wedding. Maka terbentuklan usaha ini sebagai jaw­aban atas sebuah pertanyaan masyara­kat yang membutuhkan sebuah paket pernikahan yang lengkap dan wedding planner adalah jawaban untuk mereka,” ungkap Rahmat kepada Bogor Today.

Gelar Inspira Chantika telah menan­gani berbagai special event seperti pernikahan, ulang tahun, gathering, seminar, dan sebagainya. Baik yang diselenggarakan di kota Bogor, Jakarta dan kota lainnya. Gelar Inspira Chan­tika mengedepankan kualitas pelayanan terbaik untuk berbagai acara dengan mengusung motto ‘your wedding is your perfection’. “Sehingga kami akan sangat memperhatikan setiap detail ke­inginan dari klien kami,” kata Rahmat.

Untuk event yang pernah ditan­gani oleh Gelar Inspira Chantika adalah acara pernikahan nasional dan inter­nasional. Gelar Inspira Chantika juga menangani acara seminar, rapat, kon­gres berskala nasional maupun inter­nasional yang diberikan oleh perusa­haan induk kami, Puntama Convex.

Beberapa event besar yang per­nah ditangani Gelar Inspira Chantika adalah: Hari Keluarga Nasional (HAR­GANAS) 2015 di Tangerang, Gelar Re­lawan Penanggulangan Bencana BNPB 2015 di Solo, angkutan lebaran hubla Kemenhub 2015 di Jakarta-Semarang- Surabaya, Asistensi Mice Kemenpar RI tahun 2015 di 10 Kota Indonesia, world Coral Reef Conference di Mana­do tahun 2014, dan masih banyak lagi.

Untuk acara pernikahan Gelar Inspi­ra Chantika menawarkan paket pernika­han lengkap (catering service, dekorasi pelaminan, tata rias busana pengantin, foto video, entertainment, master of ceremony, upacara adat, mobil pen­gantin dan pelayanan pengelola acara pernikahan (WO) diangka mulai dari Rp. 150juta rupiah untuk 1.000 tamu belum termasuk gedung pertemuan.

Perayaan atau event diluar pernika­han dapat disesuaikan dengan jumlah undangan dan tema acara yang diingink­an. “Sedangkan seminar kami sudah mempunyai klien dari beberapa kement­erian di Indonesia, namun kamipun siap membuat sebuah event seminar bekerja sama dengan asosiasi atau lembaga atau institusi lainnya,” lanjutnya.

Rahmat mengaku, selama men­jalankan bisnis ini terdapat kendala dalam hal persaingan yang begitu ket­at. “Itu menjadi tantangan terberat dalam menjalankan bisnis ini. Namun dengan memberikan pelayanan ter­baik serta pilihan paket yang menarik kepada konsumen semuanya akan menjadi lebih mudah,” terangnya.

Menurut Rahmat, modal awal memu­lai usaha ini dengan modal sangat ke­cil. Karena usaha ini sangat mudah, disetiap acara yang diselenggarakan akan dibayar sebagian atau hampir se­luruhnya. “Jadi kami tinggal menam­bah sedikit modal kerjanya,” jelasnya.

Tiap bulan Gelar Inspira Chan­tika dapat meraup omset mulai Rp. 15.000.000 untuk jasa WO saja, sampai ra­tusan juta rupiah untuk wedding package.

“Harapan kedepannya, Rahmat berharap bisnis ini berkembang dan menjadi besar, karena ia yakin wed­ding planner sangat dibutuhkan dimasa yang akan datang,” tandas Rahmat. (hesti)

============================================================
============================================================
============================================================