ismet-ali-1Ismet Ali
Master Coach Soft Skills

Banyak manajer takut atau hilang akal ketika kinerja bisnisnya tidak kunjung meningkat. Kalau dilacak lebih dalam maka salah satu pe­nyebabnya karena manajer terse­but kurang memiliki kompetensi intra personal skills (kemampuan mengelola tubuh kasar dan tubuh halusnya).

Kegiatan tubuh kasar biasanya mencakup mengintegrasikan tu­juan kinerja perusahaan sesuai kepentingan semua stakeholder. Sehingga manajer mudah meng­gerakan SDM berkolaborasi me­ningkatkan kinerja perusahaan.

Sedangkan kegiatan tubuh halus biasanya bisa dibangun me­lalui lima langkah aktivitas mana­jer dalam meningkatkan kinerja. Pertama, Berlatih Visualisasi. Para Neuroscientists menyarankan agar manajer mampu memvisual­isasikan agar pikirannya mampu mengelola stres, memiliki kekua­tan mental mengatasi berbagai hambatan yang akan dihadapin­ya. Visualisasi sangat bermanfaat dalam meningkatkan kepercay­aan diri manajer.

BACA JUGA :  Pasar Sukasari Bogor Siap Hadirkan Fasilitas Baru, Salah Satunya Taman Bermain Anak

Kedua, Membuat ritual kin­erja, seorang manajer harus mempunyai ritual kinerja harian untuk memperbaiki kinerja, membangun komunitas dan moral sekaligus men­gurangi keterasingan. Menciptakan rutinitas akan membangun rasa percaya diri. Rutinitas dapat digu­nakan sebelum menghadapi tantan­gan kerja yang baru. ­

Ketiga, Ciptakan kemenangan kecil, seorang menjadi sarjana ber­kat kemenangan dari belajar secara konkrit setiap hari.

Istilahnya “jangan tulis sebuah buku, mulailah menulis ide pada selembar kertas”. Buatlah kemenan­gan kecil dalam pekerjaan, misal dengan menyelesaikan laporan se­cara cepat dan akurat. Hal ini akan menjadi momentum dan Anda men­jadi percaya diri.

Keempat, Menyebutkan man­tra. Banyak perusahaan mengu­nakan slogan sebagai matra untuk memenangkan tujuan bisnis. Apple menyatakan “think different”. Kos­metik Mary Kay menyatakan “en­riching women’s lives”. Sedangkan IBM menyatakan “innovation that matters”.

BACA JUGA :  Kota Bogor Sambut Baik Misi Perdagangan dari Nebraska

Manajer ingin sukses juga harus memiliki slogan yang menjadi doa wajib diucapkan setiap awal hari kerja sehingga menginspirasinya dan menyemangati setiap hari ker­ja.

Kelima, Memiliki tanda keberun­tungan. Seorang pegolf bisa memiliki keyakinan mendapat nilai terbaik bila menggunakan bola golf dengan nomor tertentu. Manajer akan suk­ses bila membawa benda yang di­percayainya memberikan dorongan spritual. Misalnya memakai kalung berlambang nama Tuhan. Semoga lima langkah ini bisa memperkuat tubuh halus manajer meningkatkan kinerjanya setiap hari.

======================================
======================================
======================================