Harga-Samsung-Galaxy-S7-Edge-PlusMESKIPUN chipset high-end Qualcomm tahun 2015 Snapdragon 810 banyak digunakan oleh smartphone flagship dari banyakvendor smartphone terkemuka. Namun Snapdragon 810 memiliki reputasi sebagai chipset yang gampang mengalami overheat (cepat panas).

Oleh : Ananda Nasution
[email protected]

Situasi seperti ini, membuat beberapa produsen smartphone kemudian melakukan berbagai langkah untuk meredam panas pada smartphone. Salah upaya yang dilakukan adalah dengan memasang pipa pengantar panas, yang diya­kini dapat menyebar panas dengan rata dan mengurangi efek panas yang berlebih pada smartphone.

Teknik pendinginan ini sudah diadopsi di beberapa smartphone teranyar, yang mem­buat para gamers nyaman berlama-lama.

  1. Sony Xperia Z5 Premium

Sony merupakan pelopor penggunaan sistem pendingin pada smartphone flagship-nya, Xperia Z5 Premium. Smartphone perta­ma dengan layar 4K ini memang sangat mem­butuhkan heat pipe, untuk meredam panas chipset Snapdragon 810. Sony juga membe­namkan sistem pendingin thermal pada Xperia Z5 Premium.

  1. Sony Xperia Z5

Tak hanya Xperia Z5 Premium, Xperia Z5 juga dibekali sistem pendingin ther­mal untuk membuang panas berlebih yang dihasilkan dari Snapdragon 810. Sony mem­benamkan dua pipa pendingin untuk men­gurangi efek panas ketika sistem CPU bekerja terlalu keras.

  1. Samsung Galaxy S7 Edge

Selain Sony, Samsung juga mengadopsi sistem pendingin pada Smartphone flag­ship-nya – Galaxy S7 Edge. Raksasa asal Korea Selatan mengakalinya dengan cara merancang satu untuk scratch, bereksperi­men denganalloy dan metal di dalam pipa serta dengan penempatan yang tepat. Se­hingga panas yang dihasilkan smartphone saat bekerja terlalu keras dapat disebar, membuatnya memiliki konduktivitas panas 50 kali lebih tinggi dari tembaga murni.

  1. Samsung Galaxy S7

Tak hanya seri Edge, Samsung Galaxy S7 juga disematkan pipa sistem pendingin. Namun sedikit berbeda dengan versi Edge, versi original menggunakan sejumlah kecil cairan yang terus menerus akan menguap untuk mendinginkan chipset smartphone.

  1. Lumia 950 XL

Tak hanya smartphone Android, untuk menjinakkan Snapdragon 810 pada smart­phone Windows 10 teranyar -Lumia 950 XL. Microsoft pun membenamkan pipa pendin­gin berbasis cairan tradisional yang efisien menyeimbangkan panas yang dihasilkan oleh chipset.

Di antara 5 smartphone dengan sistem pendingin canggih mana yang jadi incaran kamu?