Untitled-10Kanker ovarium adalah jenis kanker yang dimulai di ovarium. Orang biasanya memiliki dua ovarium, satu di setiap sisi rahim. Ovarium, masing-masing seukuran almond, menghasilkan telur (ovum) serta hormon estrogen, progesteron, dan testosteron.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Kanker ovarium sering tidak ter­deteksi sampai telah menyebar ke dalam panggul dan perut. Pada tahap akhir ini, kanker ovarium sulit untuk diobati dan sering sudah menjadi fatal.

Hingga saat ini, para peneliti sedang mempelajari cara-cara untuk meningkat­kan pengobatan kanker ovarium dan men­cari cara untuk mendeteksi kanker ovarium pada tahap awal, sehingga kesempatan pe­nyembuhannya menjadi lebih besar.

Sampai saat ini, penyebab kanker ovari­um masih belum jelas. Secara umum, kank­er dimulai ketika sel-sel sehat mengalami mutasi genetik yang mengubah sel normal menjadi sel abnormal.

BACA JUGA :  Ibu Menyusui Harus Tahu! Ini Dia Efek Samping Jika Bayi Kurang ASI

Sel-sel sehat tumbuh dan berkembang biak tapi kemudian mati pada waktunya. Sementara itu, sel-sel kanker tumbuh dan berkembang biak di luar kendali, dan mer­eka tidak mati seperti seharusnya.

Kemudian, sel-sel abnormal terakumu­lasi, membentuk suatu massa (tumor). Sel kanker menginvasi jaringan sekitarnya dan dapat terputus dari tumor awal untuk ke­mudian menyebar ke tempat lain di tubuh (bermetastasis).

Seringkali, gejala kanker ovarium tidak spesifik dan sering meniru gejala penyakit lain, termasuk masalah pencernaan. Tan­da dan gejala kanker ovarium dapat mencakup perut sep­erti tertekan, penuh, bengkak atau kembung, ketidaknya­manan atau nyeri panggul, gangguan pencernaan, perut bergas, atau mual. Ada juga gejala peruba­han kebiasaan buang air besar, seperti sembelit, perubahan kebiasaan kandung kemih, terma­suk kebutuhan sering buang air kecil, ke­hilangan nafsu makan atau cepat merasa kenyang, peningka­tan ukuran lingkar perut, kurang energi dan nyeri punggung bawah.

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Bersihkan Usus Kotor Setelah Lebaran dengan 6 Makanan Ini

Jenis sel di mana kanker dimulai menentukan jenis kanker ovarium yang Anda miliki. Jenis kanker ovarium meliputi kanker yang dimulai dari sel-sel di bagian luar ovarium disebut tumor epitel. Kanker ini dimulai pada lapisan tipis jaringan yang menutupi bagian luar ovari­um. Sebagian besar kanker ovarium adalah tumor epitel.

Kanker yang dimulai dari sel yang mem­produk­si telur disebut tumor sel benih. Jenis kanker ini cenderung ter­jadi pada wanita yang lebih muda.

Kanker yang dimulai di sel penghasil hormon disebut tumor stroma, dimulai pada jaringan ovarium yang memproduksi hormon estrogen, progesteron dan testos­teron. Jenis kanker ovarium yang Anda mi­liki akan membantu menentukan prognosis dan opsi pengobatan.

============================================================
============================================================
============================================================

1 KOMENTAR

  1. Terimakasih banyak. ijin bantu share juga dampak dampak buruk radiasi elektromagnetik terhadap kesehatan manusia, terutama dampak buruk jangka pendek, bisa di cek disini http://www.indonesu.co.id/blog
    biar makin banyak masyarakat kita yang sadar akan dampak buruk radiasi, sehingga lebih bijak dalam menggunakan perangkat telekomunikasi digitalnya.karena banyak dari kita yang tahu akan dampak buruk radiasi sebagai pemicu sel kanker, sedangkan itu adalah dampak buruk jangka panjang.
    salam sehat selalu.