Untitled-4Persaingan bisnis fashion di era ini nyatanya memiliki daya tarik tersendiri. Tak hanya wanita yang selalu memikirkan perihal penampilan, kini para lelaki pun seolah tak ingin kalah modis dari kaum hawa. Berbekal dengan kegemaran dengan dunia fashion dan memiliki kemahiran dalam soal tatanan rambut masa kini, kembar kakak-beradik ini kompak membuat usaha yang dinamai Twin Barbersob.

Winda Herviana
([email protected])

Berbeda dengan barbershop pada umumnya, Twin Bar­bersob yang didirikan sejak 1 November 2015, tak hanya sekedar tempat memotong rambut, melainkan memiliki beberapa official store untuk brand baju, celana dan sepatu bagi para kaum adam.

Lokasi Twin Barbersob berada tepat di sisi Jalan Bangbarung Raya, lantai 2 nomor 69, Kota Bogor. Desain tempat usaha ini sangat menarik, den­gan mengambil konsep Rockabilly yang didominasi oleh warna cream berpadu dengan warna hitam.

Pemilik dari Twin Barbersob meru­pakan kembar kakak beradik yang sa­ma-sama berasal dari lulusan Diploma Institut Pertanian Bogor. Rizqie Herand Twin Perdana dan Boyriez Herand Pradana, kompak mendirikan usaha ini secara serius.

“Awalnya sempat kami berunding memilih jenis usaha apa yang akan kami kelola, apakah bisnis kuliner atau yang lain. Namun akhirnya, dengan kesepakatan bersama, akhirnya kami memilih membuka usaha barbershop karena memang kami senang untuk mendalami usaha ini secara serius,” ujar Rizqie.

Rizqie membeberkan, awal mula membangun barbershop ini membu­tuhkan modal hingga mencapai Rp 80 juta. Kini, Twin Barbersob memiliki 3 orang yang handal dalam ‘mempoles’ tatanan rambut pria.

Mengenai omzet bersih perbulan­nya, Rizqie menjelaskan, pendapatan­nya bisa mencapai Rp 7,5 juta. Dengan usaha yang dirintasnya saat ini, Rizqie mengaku senang dan berharap bahwa barbershop-nya bisa terus menjadi langganan bagi para customer.

Walau terbilang baru dalam memu­lai usaha, namun Rizqie dan Boyriez sudah terbilang berhasil dalam men­gelola barbershop tersebut. Keahl­ian yang dimiliki oleh Rizqie, diaku olehnya adalah otodidak dan sering mencari referensi model terbaru dari internet.

Twin Barbersob buka mulai pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB. Harga yang ditawarkanpun beragam. Untuk senior, harga yang ditawarkan senilai Rp 50 ribu, Student Rp 40 ribu dan Ju­nior Rp 30 ribu. Harga tersebut include dalam jasa pelayanan haircut, hair­wash, massage dan pomade.

Tidak hanya jasa pelayanan haircut, tempat ini menjual kebutuhan fashion pria seperti, pomade, sisir, dan brand untuk baju, sepatu dan celana.

“Disini kami juga menjual beberapa brand pakaian. Untuk baju dan celana kami menjual dari mulai Rp 100 – Rp 200 ribu. Jika untuk sepatu mulai dari Rp 400 – Rp 700 ribuan,” terang Rizq­ie.

Beberapa model rambut yang sering diminta oleh pelanggan pada umumnya seperti model under cut, side part, pompadour, slickback dan quiff.

“Semuanya bisa di combine tergan­tung permintaan para kostumer juga,” paparnya.

Dengan usia yang masih muda, ka­kak beradik ini tak takut untuk bersaing dengan kompetitor lainnya. “Intinya jika mau memulai usaha kita harus per­banyak action, kalau gak ada geraknya ya gimana mau maju. Usaha yang dipi­lih juga harus sesuai dengan minat atau hobi masing-masing, jadi dilakukannya dengan asik,” terang Rizqie.

Konsep ruangan yang diberikan Twin Barbersob sangat menarik. Den­gan nuansa vintage, tempat ini sangat nyaman bagi pengunjung, menye­diakan free wifi, dan free drink bagi para customers. (*)

============================================================
============================================================
============================================================