gedung-PT-Pertamina-PerseroPom bensin atau SPBU milik per­tamina bakal mendapat penantang baru. Setelah diserbu Shell dan Total, kini akan kedatangan pom bensi dari Hongkong. Seperti apa?

Sebuah perusahaan asal Hong Kong menyatakan minatnya untuk berinvestasi di sektor hilir migas di Indonesia. Perusa­haan ini bergerak di bidang perdagangan bensin, solar, avtur, dan LPG di dalam dan luar Hong Kong.

Minat tersebut disampaikan lewat Ke­pala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Franky Sibarani saat melakukan kunjungan ke Hong Kong. “Investor telah berkunjung beberapa kali ke Indonesia bertemu Per­tamina, sehubungan rencana investasi baru pada bidang usaha niaga umum BBM di In­donesia,” ujar Franky dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/5/2016).

Franky mengatakan, investor tersbut saat ini memiliki 42 SPBU kemudian 2 termi­nal minyak dengan kapasitas penyimpanan 374.500 meter kubik, serta armada angkut 16 vessels yang dapat mengangkut 68.600 ton minyak, dan jaringan pemasaran yang melingkupi sebagian besar wilayah Hong Kong.

BACA JUGA :  Menu Kreasi dengan Lumpia Kembang Tahu yang Gurih dan Lezat

Minat yang disampaikan oleh peru­sahaan akan dikawal secara khusus oleh Marketing Officer wilayah pemasaran Hong Kong. “Tim pemasaran investasi siap men­fasilitasi lebih lanjut minat investasi dari para investor Hong Kong tersebut untuk merealiasikan investasinya,” papar Franky.

Minat investasi tersebut disam­paikan perusahaan dalam acara Business Forum Rabu kemarin, yang menghadirkan Franky sebagai key­note speaker di hadapan 40 investor Hong Kong multisektor.

Selain investor di sektor SPBU, kegiatan juga berhasil mengidenti­fikasi perusahaan di bidang indus­tri elektronik dan properti yang memiliki rencana perluasan USD 5 juta di Sukabumi, sektor infra­struktur, sektor maritim, dan sek­tor perikanan atau aquaculture. Dalam pertemuan dengan investor Hong Kong, Franky menginforma­sikan berbagai proyek infrastruktur pemerintah di seluruh nusantara hingga 2019 untuk meningkatkan daya saing investasi, di antaranya 15 bandara baru, 163 pelabuhan, 35 GW listrik, 2024 mil rel KA, 621 mil jalan tol dan tol laut.

BACA JUGA :  Menu Bekal dengan Telur Gulung Sayuran Andalan Keluarga Tercinta

Franky mengatakan, dari sisi ke­mudahan, BKPM juga melakukan re­formasi pelayanan investasi melalui PTSP, izin investasi 3 jam dan kemu­dahan investasi langsung konstruksi (KLIK), serta Sektor prioritas investa­si, termasuk rencana pengembangan 11 KEK (Kawasan Ekonomi baru) dan 20 KPSN (Kawasan Pariwisata Strat­egis Nasional).

Hong Kong merupakan salah satu mitra investasi utama Indonesia. Sepanjang 2010-2015, BKPM men­catat realisasi investasi yang masuk dari Hong Kong sebesar USD 3 miliar. Sedangkan pada triwulan I-2016 real­isasi investasi dari Hong Kong sebe­sar US$ 456 Juta, naik drastis diband­ingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar USD 75 Juta. Sektor utama investasi yang masuk dari Hong Kong adalah properti ter­masuk kawasan industri, transporta­si, pergudangan dan telekomunikasi.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================