mugelloTUSCANY– Sirkus MotoGP 2016 memasuki seri keenam yang berlangsung di Sirkuit Mugello, Italia, Minggu (22/5/2016) malam WIB. Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi menjadi yang pal­ing banyak naik podium tertinggi di sirkuit ini, dengan torehan lima kali. Hebatnya, kemenan­gan tersebut dibuat The Doctor dalam lima tahun beruntun yakni dari 2004 hingga 2008.

Semenjak itu, Rossi tak per­nah lagi naik podium tertinggi. Pasalnya, pada 2009, Casey Ston­er yang kala itu membela Ducati, keluar sebagai yang tercepat. Memulai balapan dari pole posi­tion, rider Australia itu berha­sil mempertahankan posisinya. Sementara Rossi finis di tempat ketiga.

Musim berikutnya, 2010 giliran pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa keluar sebagai pemenang. Pasalnya, Rossi tidak bisa ikut race akibat cedera saat itu. Hingga harus menepi dan melewatkan balap kandangnya.

BACA JUGA :  Daftar Pebulu Tangkis Indonesia di Spain Masters 2024, Berikut Hasil Drawing

Lalu, keluar raja baru di Mugello. Rekan satu tim Rossi di Yamaha, Jorge Lorenzo merajai Mugello saat mampu menang dalam empat edisi, 2011, 2012, 2013 dan 2015. Yamaha memang bisa dikatakan rajanya Mugello, terbukti dengan dua ridernya yang mampu menjadi pengoleksi kemenangan terbanyak.

Satu pemenang lainnya, yang mampu menang di Mugello, ial­ah Marc Marquez. Rider Repsol Honda ini menyentuh garis finis terdepan pada musim 2014. Ber­status sebagai juara dunia Mo­toGP 2013, The Baby Alien tampil impresif dan berhasil mengasapi Lorenzo dan Rossi di tempat ked­ua dan tiga.

Musim ini, Rossi ingin meneruskan tren positifnya. Usai finis kedua di GP Prancis, The Doctor bakal memanfaatkan status tuan rumah ini sebaik-baiknya. Beberapa seri terakhir Rossi memang sukses mencatat­kan hasil impresif. Hal tersebut bisa jadi merupakan pele­cut semangat Rossi untuk mendapatkan hasil maksi­mal.

BACA JUGA :  Jadwal Pertandingan Wakil Indonesia di Final Swiss Open 2024

“Saya beberapa kali menang di sana, lalu saya juga per­nah bertarung dengan be­berapa pem­balap dan memiliki kenangan i n d a h , ” k a t a R o s s i , s e p e r t i disitat dari Speedweek, Kamis (19/5/2016).

“Musim ini kami kembali kompetitif karena motor kami ba­gus. Lalu saya juga berada dalam kondisi yang bagus,” tambah Rossi singkat.

Musim lalu Rossi hanya men­empati podium ketiga, di bawah Andrea Iannone dan rekan satu timnya Jorge Lorenzo. Rekor The Doctor cukup impresif di Mug­ello, tercatat ia sudah mengepak sembilan kali podium puncak di sana.

============================================================
============================================================
============================================================