alfian mujaniSERING – sering mendengar nasihat ke­baikan dan mengatakan hal yang baik walaupun kita belum men­jadi orang baik.

Dengan sering mendengar dan mengatakan kebaikan, hati kita melunak dan melembut untuk kemu­dian menerima kebai­kan itu sepenuh hati.

Juga, sering-seringlah bersama orang baik agar rahmat yang Allah berikan kepada orang baik itu membias kepada kita. Lihatlah anjing yang najis kelas berat menjadi mulia karena bersama Ashabul Kahfi.

Janganlah membiasakan diri mendengar dan mengatakan sesuatu yang tak baik, agar hati kita tak berproses mengeras dan akh­irnya menolak kebaikan. Juga jangan duduk bersama orang-orang yang tak baik, pengaruh negatifnya bisa cukup besar juga. Namun, jangan lupa mendoakan mereka agar menjadi baik.

Sering-seringlah membaca dan mendengar kisah orang-orang besar, orang-orang pilihan, yang sukses menjalani hidup walau diterpa banyak isu dan dihantam oleh banyak musibah.

Sungguh kisah seperti itu akan men­jadi penguat hati untuk tetap tegar dan sabar menjalani setiap episode kehidupan. Bukan­kah musim kemarau dan musim penghujan datang silih berganti. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================