DSC_5809BOGOR, Today – Tahun ini, Institut Pertanian Bogor (IPB) membuka dua program studi (Prodi) baru, yakni Pro­gram Studi Aktuaria dan Program Studi Teknologi Hasil Ternak (THT). Pro­gram Studi Aktuaria di bawah naungan Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), sedangan Program Stu­di THT berada di bawah naungan De­partemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (IPTP) Fakultas Peternakan (Fapet).

“Kedua prodi ini baru dibuka un­tuk jalur Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI) 2016 dengan kuota masing-masing prodi 40 orang. Sementara itu, untuk program Pendidi­k a n Diluar Domisili (PDD) IPB d i Sukabumi, kuota yang disediakan adalah 30 orang un­tuk masing-masing prodi (Agronomi dan Hortikultura, AGH dan Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, ESL). Jadi, tambahan kuo­ta mahasiswa baru tahun ini ada 140 orang,” ujar Wakil Rektor Bidang Aka­demik dan Kemahasiswaan IPB, Yonny Koesmaryono.

Ada lima perguruan tinggi negeri yang mendapat mandat dari Kemen­ristekdikti untuk membuka prodi aktu­aria yakni IPB, UI, UGM, ITS dan ITB. Program studi S1 Aktuaria IPB meru­pakan program sarjana bidang aktuaria pertama di Indonesia. Seperti halnya dokter, insinyur, pilot, penyuluh dan beberapa profesi lain, ahli aktuaria (ak­tuaris) merupakan profesi yang berkem­bang seiring dengan semakin majunya peradaban dan semakin beragamnya kebutuhan manusia.

Yonny mengatakan, aktuaris sering disebut sebagai arsitek finansial atau ahli matematika sosial. Seb­utan ini, terang Yonny, dik­arenakan kombinasi daya analisis dan kemam­puan bisnis unik yang mereka miliki dalam menghadapi tantangan finansial dan sosial yang makin berat dan bera­gam.

Sementara itu, IPB pernah memiliki Program Studi THT hingga tahun 2005. Karena ada restrukturisasi, prodi terse­but dilebur dengan Departemen IPTP. Hal yang sama terjadi juga di seluruh perguruan tinggi lain yang memiliki Fakultas Peternakan.

============================================================
============================================================
============================================================