Tapi sayangnya masih banyak orangtua yang belum menyadari hal ini, dengan tetap membawa bayinya jalan-jalan ke mal. Padahal mal adalah salah satu tempat yang berisi bermacam-macam orang dan juga segala jenis bakteri serta virus.

Terlebih lagi, keadaan di luar rumah umumnya “tidak ramah” bagi bayi; polusi dari asap rokok dan kendaraan, serta kuman pe­nyakit tersebar di mana-mana. Jadi, jangankan mengajaknya be­pergian ke luar rumah, bila ada anggota keluarga di rumah yang sakit pun, bayi sebaiknya jangan dekat-dekat dulu.

BACA JUGA :  Simak 5 Menu Sarapan Terbaik Ini untuk Berikan Energi dan Tingkatkan Suasana Hati

Kendati demikian, ada beberapa keadaan tertentu yang meru­pakan pengecualian. Artinya, bayi boleh saja dibawa serta kalau tu­juannya memang jelas dan membawa manfaat langsung, yaitu ke rumah sakit atau praktik dokter untuk imunisasi atau berobat karena sakit.

BACA JUGA :  Hindari 5 Makanan Penyebab Kamu Pikun, Ternyata Sering Dikonsumsi

Barulah setelah berusia 3-4 bu­lan, si kecil boleh diajak bepergian. Itu pun dengan syarat, waktunya tidak terlalu lama dan dengan ja­rak tempuh yang tidak terlalu jauh.

Kendaraan yang digu­nakan juga perlu di­perhatikan. Sedapat mungkin hindari menggunakan sepeda motor, bajaj, dan bus umum yang terlalu ses­ak, atau­pun sarana trans­por­tasi lain yang dirasa kurang nya­man.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================