PemkotBOGOR TODAY- Pemerintah Kota Bogor akan segera mener­apkan bantuan teknologi ap­likasi untuk mendukung cepat tanggap dalam penanganan bencana. Teknologi tersebut sama halnya dengan panggilan darurat 911 di Amerika Serikat.

“Jadi intinya begini. Tahun 2016 ini pemerintah pusat me­lalui Kementerian Komunikasi dan Informatika akan mulai mencoba menerapkan emer­gency call 112 di beberapa kota,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Ben­cana Daerah (BPBD) Kota Bo­gor, Gandjar Gunawan, Senin (23/5).

BACA JUGA :  Rekonsiliasi Tokoh Politik Bumi Tegar Beriman, Jelang Pilkada 2024 Pajeleran dan Bilabong Kian Harmonis

Gandjar menambahkan, Kota Bogor menjadi salah satu yang akan diterapkan aplikasi panggilan darurat tersebut. BPBD Kota Bogor juga berper­an karena sebagai salah satu unit respons darurat dalam rencana penerapan panggilan darurat 112 ini.

Konsep panggilan darurat 112 tersebut juga sama mu­dahnya dengan penggunaan panggilan darurat 911. “Ketika masyarakat membutuhkan pertolongan darurat, maka cu­kup menelepon 112 dan akan direspons oleh unit emergen­cy Pemkot Bogor,” ujar Gand­jar.

BACA JUGA :  Dukung Sukseskan Lomba MTQ, Sekda Burhanudin Hadiri Langsung Pembukaan MTQ Ke-38 Tingkat Jawa Barat

Dengan begitu, mulai dari bantuan pemadam kebakaran hingga paramedis bisa segera datang ke lokasi bencana. Hing­ga kini, BPBD masih menunggu langkah lebih lanjut dari Kantor Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bogor. “Ren­cana kegiatan itu (panggilan darurat 112) membutuhkan pera­latan, sarana dan prasarana, pe­nyiapan sumber daya manusia, jaringan, serta yang lainnya,” tandasnya.

(Yuska Apitya)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================