XPB_796298_HiResMONTE CARLO– Manor Rac­ing pun turut berbenah untuk mengeluarkan kemampuan maksimal kedua pebalapnya, Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein di GP Monaco. Ada tiga perubahan pada mobil MRT05 milik mer­eka, yakni bagian Turning Vanes, Barge Boards dan Rear Wing.

Sebelumnya, Manor mem­perkenalkan perangkat yang di­gunakannya kala mengaspal di GP Spanyol beberapa waktu lalu. Kendati hasilnya kurang maksi­mal karena Rio harus finis di urutan ke-17 bersama rekannya, Pascal Wehrlein yang berada di depannya.

Perubahan terjadi pada Turn­ing Vanes yang berfungsi me­maksimalkan baling-baling pada aliran udara. Manor mengubah bentuk aliran kipas tersebut agar bisa memberikan tekanan uda­ra dengan baik.

Sejalan dengan baling-baling, mobil MRT05 juga mengubah Barge Boards mereka. Terkait fungsinya untuk mengoptimal­kan aliran angin dari sayap de­pan. Selama balapan peranti ini harus bersifat statis, artinya po­sisinya tak bisa digerak-gerakkan.

BACA JUGA :  Jadwal Pertandingan Lengkap Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024

Perubahan signifikan terlihat pada bagian sayap belakang jet darat Manor. Bentuk mainplane tengahnya diubah agar mening­katkan tekanan dan bagian atas sayap berbentuk alur V. Sedang­kan pada Rear Wing posisi bilahn­ya terlihat datar, itu dipilih untuk sirkuit yang berkarakter cepat.\

Sirkuit Unik

Kepala Teknis Mercedes, Pad­dy Lowe mengharapkan persain­gan yang sengit kala mengaspal pada seri balapan keenam yang diadakan di Sirkuit Monaco. Se­bab, lintasan sepanjang 3,367 kilometer tersebut memiliki kara­kteristik yang khas dibandingkan dengan sirkuit F1 lainnya.

Kini Lowe mengatakan pi­haknya sangat memperhitungkan strategi yang digunakan di Sirkuit Monte Carlo. Tak ayal, lintasan yang sempit dinilai sangat tak mu­dah melakukan over take, alhasil para pembalap akan memanfaat­kan kecepatan mobil. Ter­lebih Mercedes juga siap bersaing dengan Fer­rari dan Red Bull y a n g b e ­lakangan meraih hasil positif.

BACA JUGA :  Kcewa dengan Wasit, STY Sebut Laga Timnas Indonesia vs Qatar Seperti PertunjukanKomedi

“Monaco adalah sirkuit yang unik, membutuhkan karakter­istik dari mobil, sehingga Anda tak pernah sekedar yakin dengan perangkat yang dimiliki. Sebab dari semua kalender, ini adalah tempat yang paling penting, kare­na para pembalap akan sangat susah untuk menyalip dan dibu­tuhkan waktu yang tepat untuk menentukan ritme,” ujar Lowe mengutip F1i, Selasa (24/5/2016).

“Pada akhir pekan nanti kami akan menggunakan ban Ultra soft, sebab penggunaan ban tersebut terlalu keras di Sirkuit ini. Beberapa tahun tera­khir kami melihat ke depan un­tuk membuat perbaikan waktu dan mungkin akan tercipta lap baru. Ini akan menjadi pertem­puran bagi diri kita sendiri, Fer­rari dan Red Bull,” tuntasnya.

(Rishad/Net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================