Rata-rata harga aparte­men di kota-kota di Indone­sia berkisar antara Rp14 juta – Rp20 juta per meter persegi. Akan tetapi beberapa kota me­miliki rata-rata harga jual di atas kisaran tersebut, karena kontribusi apartemen kelas menengah dan menengah-atas yang cukup signifikan.

Kota-kota dengan rata-rata harga apartemen di atas Rp20 juta per meter persegi antara lain Jakarta, Medan, dan Balikpapan.

Rata-rata harga aparte­men relatif stagnan dan hanya bergerak sebesar -0,15 persen dari harga pada kuartal sebe­lumnya. Selain masih terba­tasnya permintaan, stagnan­nya harga rata-rata apartemen juga disebabkan oleh lebih banyaknya peluncuran proyek baru yang menyasar kelas menengah bawah yang harg­anya ditawarkan lebih rendah dari harga rata-rata pada peri­ode sebelumnya.

Aktivitas Masih Rendah

Ke depan, Coldwell Banker Commercial memerkirakan ak­tivitas pasar apartemen masih akan tetap rendah sampai akh­ir 2016. Jumlah pasokan baru diprediksi cukup signifikan, terutama berasal dari proyek-proyek yang akan mulai dipas­arkan di Surabaya, Semarang, Yogyakarta, dan Jabodetabek.

Sementara itu, pertumbu­han permintaan di sebagian besar kota-kota di Indonesia masih tetap rendah dengan ra­ta-rata pertumbuhan di bawah 5 persen. Aktivitas transaksi sektor apartemen terutama berasal dari kelas menengah dan menengah-bawah sejalan dengan harga yang lebih ter­jangkau pada kelas tersebut.

(Winda/liputan6)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================