Van-Gaal-y-Marcus-RashfordMANCHESTER– Louis van Gaal memang tidak memberi prestasi mentereng untuk Manchester United. Bahkan, catatan Opta, MU besutan Van Gaal hanya memiliki rasio 1,29 gol per pertandingannya dan menjadi yang terendah sejak musim 1989/1990.

Warisan yang membuat nama pria Belanda cukup harum di Old Trafford ialah torehan Piala FA ke- 12 sepanjang sejarah bagi United dan menyamai rekor milik Arsenal. Tapi, peninggalan yang terbesar, tak lain dengan kesuksesannya meng­orbitkan pemain-pemain muda MU.

Sebut saja, nama-nama sep­erti Jesse Lingard, Timothy Fosu- Mensah, Anthony Martial hingga fenomena di Liga Primer Inggris, Marcus Rashford tampil cemerlang lewat polesan tangan eks pelatih Tim Nasional Belanda itu.

BACA JUGA :  Menu Makan Spesial dengan Nasi Goreng Kari Cumi yang Lezat dan Sedap

Hal itu pun diamini eks de­fende MU, Rio Ferdinand. Meski kerap mengkritik Van Gaal yang membuat MU kehilangan taring se­bagai klub raksasa dengan prestasi gemilang, Rio tetap memuji kej­elian Van Gaal dalam melihat po­tensi pemain-pemain muda.

“Dia merupakan pribadi besar yang memenangi Piala FA, terus menjaga kebiasaannya memenan­gi trofi di manapun dia berkiprah. Tapi, yang menjadi warisannya adalah memperkenalkan pemain dari akademi seperti Rashford, Lin­gard, Fosu-Mensah, dan lebih ban­yak lagi. Memberi pemain muda dan kesempatan untuk bermain merupakan upaya untuk menjaga sejarah dari klub, imbuh eks pe­main belakang Setan Merah itu,” kata Ferdinand di laman Facebook pribadinya.

BACA JUGA :  Rendang Ayam Kampung, Menu Lezat untuk Santapan Keluarga Tercinta

Siapa pengganti Van Gaal be­lum diumumkan, tapi kemungki­nan besar suksesornya adalah Jose Mourinho. Dengan demikian, Van Gaal hanya bekerja selama dua ta­hun dari ikatan kontrak tiga tahun yang disepakati saat menggantikan David Moyes di 2014.

Meski begitu, Van Gaal tidak akan pergi dengan ‘murah’. Daily Telegraph mengklaim bahwa MU sepakat untuk membayar pesangon Van Gaal sebesar 5 juta pound (se­tara Rp 98, 7 miliar).

(Rishad/Net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================