12b0b7e036c74b18b46ce5d1d4f500aa JAKARTA, TODAY-Menteri Pemuda dan Olahraga (Men­pora) Imam Nahrawi meminta agar pelaku rusuh di laga Tor­abika Soccer Championship (TSC) 2016 ditindak tegas. Dia bilang tidak boleh ada pandang bulu pada pelanggaran hukum. Kerusuhan suporter di laga TSC terjadi saat laga antara Per­segres Gresik United melawan PS TNI, Minggu (22/5/2016) akhir pekan lalu. Akibatnya, sekitar 50-an suporter mengal­ami luka-luka hingga bocor di kepalanya.

PT Gelora Trisula Semesta (GTS), selaku operator kompe­tisi, telah menggelar kunjun­gannya langsung ke Stadion Petrokimia sekaligus men­cari tahu kronologis yang sebenarnya. Rencananya, Komisi disiplin PT GTS akan memutuskan huku­mannya dalam sidang yang diadakan hari ini, Kamis (26/5).

BACA JUGA :  Sejarah Baru, Timnas Indonesia Melaju ke Semifinal Piala Asia U-23

“Kami sudah me-warning operator agar bertindak tegas laku­kan semua upaya. Harus ada aparat hu­kum yang bertindak cepat, tangkap tan­gan. Satu kelemah­an di sepakbola kita adalah bilamana belum ada pen­gaduan dari panpel, maka aparat hukum tidak bisa bertindak,” ujar Menpora di sela-sela acara Invistasi Sepakbola Antar Fo­rum Wartawan, Senayan, Ja­karta.

Menpora juga menilai apa­pun tindakan yang sudah men­garah kepada kekerasan, p e mu ­k u l a n , h a r u s dibawa ke ranah hukum, tanpa me­mandang bulu siapapun, meski ada su­porter dari aparat negara, TNI.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Kontra Korea Selatan di 8 Besar Piala Asia U-23

“Apapun yang mengarah kekerasan, pemukulan, apa­lagi bisa dilihat dengan mata ke­pala. Silakan lebih baik di ranah hukum. Tidak boleh ada pel­ecehan terhadap pemain, wa­sit, dan suporter. Tidak boleh memandang bulu, siapapun yang melanggar hukum harus ditindak,” katanya.

Pria asal Bangkalan, Jawa Timur ini juga berharap ke depannya, tidak lagi kejadian serupa. Dengan tak lagi dibeku­kan, Menpora ingin PSSI bisa menyatukan semua suporter klub-klub Indo­nesia.

“Sekarang ‘kan PSSI pembekuan­nya sudah dicabut, s i lakan P S S I y a n g u r u s . K a l a u P S S I m i n t a (bantu­an) kepa­da kami, akan kami memban­tu,” tegasnya.

(Imam/net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================