LP-teroris-foto-KOZER-(2)BOGOR TODAY – Badan Na­sional Penanggulangan Teror­isme (BNPT) mengungkapkan bahwa Lembaga Pemasyara­katan (LP) khusus teroris akan segera dioperasikan. LP yang terletak di Sentul, Bogor ini berdiri dengan tujuan agar ter­orisme tidak menyebar.

“Namanya Lapas Kelas IIB Sentul, lokasinya di Sentul, Jawa Barat,” ujar Sekretaris Utama BNPT Mayjen R Gauta­ma Wiranegara dalam keteran­gan persnya, kemarin.

Sebagian orang mungkin banyak yang belum tahu jika BNPT memiliki kompleks Pusat Pelatihan dan Penanggulangan Terorisme (PPPT) yang telah didirkan di lahan seluas 6.115 hektare sejak tahun 2012 lalu. Dimana PPPT sendiri sudah dilengkapi Rumah Tahanan (Rutan) dengan fasilitas ke­amanan maksimum (maximum security).

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrim

Selain berfungsi sebagai tempat berlatih pasukan anti­teror Polri maupun TNI, tem­pat ini juga dilengkapi dengan sarana latihan antiteror dan pusat deradikalisasi narapi­dana kasus-kasus terorisme.

Menurut Gautama, penem­patan napi teroris di lapas khu­sus ini merupakan bagian dari pencegahan agar terorisme tidak semakin menyebar. “LP khusus terpidana terorisme ini hanya tinggal sedikit lagi untuk siap dioperasikan. Sekarang sedang dilakukan penguatan pagar,” tambahnya.

BACA JUGA :  Peringati Hari Kartini, Pemkab Bogor Hadirkan Layanan KB Serentak di 40 Kecamatan se-Kabupaten Bogor

Ia juga menjelaskan, sejak tahun 1999 hingga bulan April 2016 ini sudah terdapat 1.114 pelaku terorisme yang berhasil ditangkap kira-kira berjumlah 834 orang di antaranya sudah diajukan ke persidangan dan mendapatkan vonis, 531 orang sudah bebas, dan 333 sisanya masih menjalani masa huku­man.

(Abdul Kadir Basala­mah)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================