id167580JIKA biasanya drone yang berukuran kecil hanya dibekali dengan komponen yang standar, maka pemikiran tersebut akan berubah jika ketemu dengan Dobby. Ini adalah drone buatan Startup asal China yang tengah menggalang dana untuk proyek drone yang dapat masuk ke dalam saku.

Oleh : Ananda
[email protected]

Bukan drone saku biasa, tapi drone dengan kemampuan mumpuni seperti kebanyakan drone high-end saat ini. Xiao­mi juga telah memasuki pasar drone dengan Mi Drone quad-copter yang memiliki kamera tanam dengan ke­mampuan merekam video 4K, serta dibanderol separuh dari harga drone buatan DJI yang memiliki kemampuan serupa. Namun drone buatan mereka masih dianggap terlalu besar.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 27 Maret 2024

Hal inilah yang dimanfaatkan Dobby untuk menghadirkan drone berkemampuan canggih namun den­gan seukuran saku. Dengan kemam­puan lipat, drone ini dapat masuk ke dalam saku dengan mulus, karena baling-baling masuk ke dalam bodi utama. Drone dengan bentuk padat ini memiliki dimensi 135 x 67 x 36.8mm dan empat rotor.

Di bagian in­ternal, Dobby akan disokong oleh chip­set Snapdragon 801 dengan 2GB RAM dan memiliki 16GB memori internal. Penyimpanan internal akan digunak­an untuk memotret melalui kamera drone 13 mega-pixel atau video sampai dengan resolusi 4K.

BACA JUGA :  Takjil Segar dengan Blewah Pepaya yang Enak Cocok untuk Menu Bukber

Seperti drone lainnya, Dobby juga dibekali dengan fitur koneksi WIFI, GPS dan GLONASS, serta akan ada aplikasi smartphone untuk mengenda­likan drone daripada memiliki control­ler terpisah. Selain mampu terbang standar ‘manual’, Dobby juga miliki fi­tur follow me, dan dapat diatur untuk terbang melalui titik arah.

Saat ini drone ini masih dalam ta­hap penggalanagan dana di Taobao, China. Sementara untuk harga per unit dibanderol $260 atau sekitar Rp3,5 juta.(net)

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================