Taman-EkspresiBOGOR TODAY – Komitmen Walikota Bogor, Bima Arya Su­giarto untuk menjadikan Kota Bogor sebagai kota penuh ta­man terus berlanjut. Pada Juli 2016 mendatang, Pemkot Bo­gor berencana kembali mem­bangun taman tematik.

Kepala Bidang Pertamanan, Dinas Kebersihan dan Perta­manan Kota Bogor, Yadi Cahya­di mengatakan sedikitnya akan ada tiga taman baru di Kota Bogor. “Tahun 2016 ini ada tiga taman lagi yang akan dibangun oleh Pemerintah Kota Bogor, lelang akan dilakukan bulan Juni, dan semoga Juli sudah bisa dikerjakan,” tuturnya.

Yadi mengatakan, ketiga taman yang akan dibangun di Kota Bogor yakni Taman Sem­pur, Taman Matematik dan Ta­man Lingkungan. Menurutnya, dari ketiga taman tersebut dua taman akan dibangun baru dan satu taman lagi yakni Ta­man Sempur merupakan revit­alisasi taman.

“Total anggaran pembangu­nan taman tahun ini Rp2,9 mil­iar. Nilai anggaran pembangu­nan taman tahun ini turun dari Rp10 miliar di tahun 2015, kini hanya Rp2,5 miliar,” katanya.

BACA JUGA :  Konsisten Selama 10 Tahun, Vihara Dhanagun Jaga Keberagaman Lewat Santunan dan Buka Puasa Bersama

Yadi juga menambahkan, tahun ini Pemkot Bogor lebih fokus pada perawatan dan pemelihaan taman sehingga anggaran untuk perawatan dan pemeliharaan lebih diper­besar dari pada pembangunan taman baru.

“Tahun ini Pemkot Bogor mencanangkan sebagai Tahun Bebersih sehingga program di­arahkan ke pemeliharaan dan perawatan taman,” kata Yadi.

Ia juga menjelaskan, tiga ta­man yang akan dibangun yak­ni Taman Sempur seluas satu hektar akan dibangun lintasan lari, tiang bendera permanen seperti di Istana Merdeka Ja­karta, mengganti rumput, menata area taman, kursi ta­man, prasasti dan ornamen lainnya.

“Biaya untuk pembangunan Taman Sempur Rp2,2 miliar, karena luasnya dan banyak or­namen yang akan dibangun,” katanya.

Taman berikutnya yakni Ta­man Matematik yang diperun­tukkan bagi taman belajar anak-anak di Kota Bogor, terletak di Kelurahan Tegal Gundil dengan luas, 450 meter persegi dan memakan biaya Rp320 juta.

“Karena lokasi taman ini berada di lingkungan sekolah, mulai dari SD, SMP hingga SMA. Pemkot berinisiatif mem­buat taman belajar dengan konsep Matematika,” katanya.

BACA JUGA :  Cemari Aliran Sungai Ciliwung, Gudang Bahan Baku Sabun di Kota Bogor Disegel

Selanjutnya Taman Ling­kungan yang juga terletak di Kelurahan Tegal Gundil. Ta­man seluas 300 meter dileng­kapi dengan lintasan joging, tanaman dan lintasan terapi. Pembangunan taman tersebut menghabiskan anggaran Rp80 juta.

“Selain tiga taman ini, akan ada satu taman lagi yang juga dibangun tahun ini yakni Ta­man Kaulinan atau tempat bermaian anak-anak yang melibatkan swasta. Taman ini dananya CSR dari Alfamart,” katanya.

Total saat ini Kota Bogor telah memiliki 32 taman, 10 di antaranya merupakan taman tematik yang dibangun se­lama tahun 2015 yakni Taman Bogor, Taman Corat-Coret, Taman Skatepark, Taman Air Mancur, Taman Heulang, Ta­man Ekspresi, Taman Ken­cana, Taman Peranginan, Hu­tan Kota dan Taman Malabar.

Pemkot Bogor mencanang­kan Bogor sebagai Kota Sejuta Taman, dengan dibangunnya taman-taman tematik sebagai sarana warga untuk berkum­pul dan berkreativitas. (Abdul Kadir Basalamah)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================