Sembako-NetBOGOR TODAY – Sepekan menjelang bulan suci Rama­dhan, harga sembako di Kota Bogor masih belum stabil, hal ini berdasarakan pantau­an BOGOR TODAY di Pasar Anyar, Kota Bogor pada Senin (30/5/2016) kemarin.

Pedagang Sembako Pasar Anyar, Herry (40) mengatakan, harga bawang merah terbilang tidak stabil karena pada pe­kan lalu yang harganya sempat melonjak menjadi Rp 40 Ribu Perkilogram, kini turun kem­bali menjadi Rp 35 Ribu.

Sedangkan, cabai merah keriting masih relatif stabil dengan harga Rp 20 Ribu dan cabai rawit merah yang sempat turun dari Rp 85.0000 menjadi Rp 60.000 per kilogram, kini harga komoditas itu kembali naik menjadi Rp 75.000 per ki­logram.

Sementara itu, harga cabai rawit merah mengalami lon­jakan dari Rp 12 Ribu Perki­logram menjadi Rp 20 Ribu Perkilogramnya.

Herry mengatakan turun atau naiknya harga dengan cepat bergantung dari paso­kan. Ia menyebut, pengecer tidak bisa berbuat banyak apa­lagi mengubah harga. “Seperti­nya memang ada tarik ulur pa­sokan antar pedagang besar,” ujarnya kemarin.

BACA JUGA :  PKRS RSUD Leuwiliang Berikan Edukasi Mengenai Buah Pada ANak – anak

Sementara itu harga sayur-mayur seperti seledri dan daun bawang yang harganya sempat melambung Rp 40 ribu perkilo­gram juga mulai turun. Seledri kini dipatok Rp 25 ribu perkilo­gram, sedangkan daun bawang turun menjadi Rp 12 ribu perki­logram sejak tiga hari lalu.

Sedangkan harga wortel yang pada pekan lalu Rp 12 ribu perkilogram juga turun menjadi Rp 5 ribu perkilogram dan harga kentang masih stabil Rp 9 ribu perkilogram.

Pedagang sayur di Pasar Anyar, Asep (36) mengatakan pasokan dari penjual besar dapat mempengaruhi harga dari pengecer. “Selain masa panen lebih lama, kentang dan bawang merah juga relatif awet untuk disimpan, jadi penu­runan harganya membutuhkan waktu yang lebih lambat,” kata Asep.

BACA JUGA :  Sirkuit Rumpin Bakal jadi Semi Mandalika, Rampung Tahun 2025

Terpisah, harga ayam di Pasar Ciawi juga perlahan mu­lai turun, dari Rp 40 ribu perki­logram menjadi Rp 36 ribu perkilogram. “Pasokan ayam alhamdulillah masih stabil,” ujar Kamal (43) penjual Ayam di Pasar Ciawi, Kabupaten Bo­gor.

Sedangkan harga daging sapi masih di atas Rp 120 ribu perkilogram. “Harga daging sapi ini justru cenderung naik dekat bulan puasa. Saya jual su­dah seharga Rp 130 ribu perki­logram,” kata pedagang daging sapi Pasar Ciawi, Deden.

Ia juga menjelaskan, pada pekan lalu harga daging sapi masih di kisaran Rp 115 ribu perkilogram sampai Rp 120 ribu perkilogramnya. “Dari distributor harga daging sapi memang sudah naik,” pung­kasnya. (Abdul Kadir Basala­mah)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================