persib-2Oleh : IMAM BACHTIAR
[email protected]

BANDUNG, TODAY-Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar angkat bicara menanggapi de­sakan agar Dejan Antonic segera mundur dari jabatan pelatih Maung Bandung. Dengan tegas Umuh mengatakan bahwa masih terlalu dini untuk membahas po­sisi pria asal Serbia itu.

Hasil imbang tanpa gol yang diraih Persib ketika menjamu Madura United dalam lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 di Stadion Si Jalak Ha­rupat, Sabtu 28 Mei 2016, mem­buat bobotoh kecewa hingga meneriakan yel-yel bernada de­sakan mundur kepada Dejan.

Bagi Umuh, menilai kinerja pelatih berdasarkan hasil di lima pertandingan cenderung terlalu cepat. Namun secara tidak lang­sung dia mengingatkan kepada Dejan untuk membuktikan bisa tampil dan meraih hasil lebih baik di pertandingan-pertandin­gan selanjutnya.

“Kita belum bisa kasih komen­tar dulu soal itu. Tapi yang jelas manajemen juga mengharapkan perbaikan dari tim supaya ke de­pan bisa tampil dan dapat hasil lebih bagus lagi,” tegas Umuh.

Umuh selama ini kerap mem­berikan warning dan menuntut Persib meraih hasil maksimal se­tiap laga kandang. Menurut dia, imbang apalagi kalah di depan publik sendiri adalah sebuah hal yang diharakan. Namun syarat tersebut bukan berarti harus diterjemahkan sebagai dasar atau alasan untuk melakukan peruba­han di kursi pelatih.

Apalagi jika berkaca pada hasil di lima pekan pelaksanaan TSC. Sebab tak hanya Persib yang mengalami hasil kurang memuaskan. Sejumlah tim besar pun terlihat belum stabil dari segi permainan maupun hasil akhir, seperti Persipura Jayapura yang gagal menang di tiga laga awal.

Atau Sriwijaya FC yang sem­pat tampil trengginas ketika membabat Madura United den­gan skor telak 5-0, namun justru dibuat mandul oleh Mitra Kukar meski tampil di kandang sendiri. “Kita harapkan saja Persib dari pertandingan ke pertandingan terus meningkat,” kata Umuh lagi.

Persib telah menjalani lima pertandingan dan menempati posisi delapan klasemen semen­tara dengan tujuh poin. Atep dkk baru meraih satu kemenangan ketika menghadapi Bali United dengan skor 2-0. Sementara em­pat laga sisanya hanya mendapat­kan hasil imbang.

“Maung Bandung” berimbang 1-1 melawan Sriwijaya FC, lalu 0-0 dengan Pusamania Borneo FC. Pun di pertandingan terakhir ke­tika menjamu Madura United di hadapan ribuan Bobotoh, Persib hanya bermain imbang 0-0.

Hasil tersebut sempat mem­buat Bobotoh meradang dan mendesak agar manajemen memecat Dejan atau meminta pria asal Serbia itu untuk mun­dur dari kursinya. Namun mana­jemen tak mau gegabah dalam mengambil sikap.