aksi-peduli-palestina-jaf-1207141BOGOR TODAY- Dalam kurun waktu satu jam dana sebesar Rp485 juta berhasil dikumpul­kan dari sumbangan sukarela masyarakat Bogor, Jawa Barat dalam acara Konser Kemanu­siaan Peduli Palestina yang dis­elenggarakan oleh Komite Na­sional Untuk Rakyat Palestina (KNRP), di GWW Kampus IPB Dramaga, kemarin.

Ketua KNRP Kota Bogor Erry Nugroho Himawan men­gatakan, dana tersebut akan dialokasikan untuk pengungsi Palestina yang ada di Turki, Suriah, Lebanon dan Yordania. “Dana bantuan ini akan disal­urkan dalam bentuk barang-barang yang dibutuhkan oleh pengungsi Palestina, saat ini mereka sedang kekurangan air minum, obat-obatan, ambulan, pakaian, perlengkapan seko­lah, serta makanan,” katanya.

Ia mengatakan, dana sum­bangsih masyarakat Bogor terkumpul dari sumbangan langsung berupa uang tunai maupun pembelian “marchan­dise” ataupun lelang barang milik bintang tamu Konser Kemanusiaan Peduli Palestina yakni Opick, Melly Goeslaw dan Ebieth Beat A.

Sumbangan tersebut be­rasal dari masyarakat Bogor yang menghadiri acara konser kemanusiaan yang berasal dari berbagai elemen mulai dari ma­syarakat umum, mahasiswa, pelajar maupun pejabat daerah.

BACA JUGA :  Sirkuit Rumpin Bakal jadi Semi Mandalika, Rampung Tahun 2025

“Selain uang tunai ada juga yang menyumbangkan tanah seluas 400 meter di Kabupaten Bogor dan 150 meter persegi di Garut,” katanya.

Konser Kemanusiaan Peduli Palestina telah berlangsung selama dua tahun ini, konser tersebut telah dilaksanakan di 71 kota/kota dari 99 kota yang ada di Indonesia. “Tahun 2016 ini, Kabupaten Bogor menjadi tempat kelima digelarnya kon­ser kemanusiaan peduli Pales­tina,” katanya.

Ia mengatakan, target ma­sih ada 28 kota lagi yang akan dilangsungkan konser kemanu­siaan peduli Palestina. Setelah kegiatan ini berakhir, akan ada program lanjutan untuk meng­galang dana bagi Palestina yang akan disiapkan dalam for­mat dan bentuk kegiatan yang berbeda.

Menurut Herry, Konser Kemanusiaan Peduli Palestina menyuguhkan berbagai aca­ra selain konser musik yang menghadirkan artis pendu­kung Opick, Melly Goeslaw dan Ebieth Beat A, juga ada bazar dan lelang “marchandise” mi­lik para artis.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 24 April 2024

Hasil dari penjualan bazar dan lelang sebagian dananya dialokasikan untuk masyarakat Palestina yang sedang kesusa­han akibat perang yang tidak berkesedahan. “Total pen­duduk Palestina itu ada dela­pan juta jiwa, sebanyak 5,5 juta jiwa hidup sebagai pengungsi di sejumlah wilayah di Timur Tengah,” katanya.

Ia mengatakan, selama dua tahun menggalang dana, total data sumbangan yang terkum­pul dari masyarakat Indonesia melalui Konser Kemanusiaan Peduli Palestina mencapai Rp9 miliar rupiah. “Indonesia mendapat pengharagaan dari Pemerintah Palestina, menurut mereka Indonesia merupakan negara kedua yang paling ban­yak menyumbang untuk Pales­tina setelah Malaysia,” katanya.

Herry menambahkan, se­lain konser amal, upaya meng­galang dana untuk membantu Palestina juga rutin dilakukan melalui kegiatan pengajian majelis talim maupun di lokasi “Car Free Day”.

(Abdul Kadir Basalamah)

============================================================
============================================================
============================================================