Tidak hanya menetapkan Hari Kelahiran Pancasila, Jokowi ber­sama MPR juga akan merumuskan implementasi ideologi tersebut kepada semua warga negara Indo­nesia. “Setelah ini, kita, terutama MPR, akan merumuskan lagi cara-cara yang cepat agar implemen­tasi Pancasila sebagai ideologi, landasan negara, bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Jokowi.

Jokowi juga melakukan napak tilas ke situs bekas penjara Ban­ceuy, Kota Bandung. Di penjara tersebut, Bung Karno pernah di­penjara oleh pihak Belanda. Ber­sama mantan presiden Megawati Soekarnoputri, Jokowi berjalan kaki dari gedung Merdeka ke situs penjara Banceuy, yang berjarak sekitar 300 meter.

BACA JUGA :  Sejarah Baru, Timnas Indonesia Melaju ke Semifinal Piala Asia U-23

Tiba di penjara tempat Su­karno menulis pleidoi berjudul In­donesia Menggugat itu, Jokowi, Megawati, dan Puan Maharani langsung masuk ke sel Bung Karno. Kurang lebih 5 menit Jokowi bera­da di ruang tahanan berukuran 2 x 5 meter itu.

Jokowi juga menengok patung Sukarno berpikir yang terbuat dari perak. Patung tersebut dibuat pada 2015, bersamaan dengan revitalisasi situs penjara itu oleh Pemerintah Kota Bandung dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Total hanya 10 menit Jokowi beserta rombongan berada di situs penjara Banceuy. Ratusan warga berdesak-desakan untuk melihat presiden dari dekat. Se­lain memimpin peringatan Hari Pi­dato Sukarno 1 Juni 1945, Jokowi juga meresmikan hari kelahiran Pancasila setiap 1 Juni. “Dengan mengucap syukur, mengucap bis­millah, keputusan Presiden, 1 Juni ditetapkan, diliburkan, dan diper­ingati sebagai Hari Lahir Pancasi­la,” ucapnya.

BACA JUGA :  Modus Sembuhkan Kesurupan, Guru Silat di Sampang Cabuli Muridnya

Sementara itu, Presiden Re­publik Indonesia kelima, Megawati Soekarnoputri, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pres­iden Joko Widodo dan pemerintah Indonesia yang telah menetapkan Hari Kelahiran Pancasila pada 1 Juni 1945 sebagai hari libur nasi­onal.

(Yuska Apitya Aji)

 

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================