emasJAKARTA, TODAY – Emas berjangka CO­MEX New York Mercantile Exchange be­rakhir naik tajam pada Sabtu pagi WIB (5/6/2016), karena data ketenagakerjaan Amerika Serikat yang buruk menyebab­kan lonjakan dalam harga logam mulia.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus melonjak 30,3 USD atau 2,50 persen, menjadi menetap di 1.242,90 USD per ounce.

Emas mendapat dukungan luas kare­na Departemen Tenaga Kerja AS merilis laporan ketenagakerjaan besar mengenai penggajian (payrolls) non pertanian me­ningkat jauh lebih buruk dari perkiraan 38.000 dan angka dua bulan sebelumnya sebesar 59.000, yang juga lebih buruk dari yang diperkirakan.

Baca Juga :  2 Pria Tersambar Petir di Bogor, Diduga Main Handphone Saat Hujan

Analis percaya bahwa laporan yang lebih buruk dari perkiraan ini kemungki­nan berdampak pada ekspektasi investor untuk pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) Federal Reserve AS dijad­walkan bulan ini.

Sejak rilis risalah dari pertemuan FOMC April, para pedagang yakin Fed akan menjaga kenaikan suku bunga pada Juni, tetapi dengan rilis data ketenagak­erjaan yang buruk ini, investor percaya the Fed akan menaikkan suku bunga dari 0,50 persen ke 0,75 persen selama perte­muan FOMC Juli.