emasJAKARTA, TODAY – Emas berjangka CO­MEX New York Mercantile Exchange be­rakhir naik tajam pada Sabtu pagi WIB (5/6/2016), karena data ketenagakerjaan Amerika Serikat yang buruk menyebab­kan lonjakan dalam harga logam mulia.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus melonjak 30,3 USD atau 2,50 persen, menjadi menetap di 1.242,90 USD per ounce.

Emas mendapat dukungan luas kare­na Departemen Tenaga Kerja AS merilis laporan ketenagakerjaan besar mengenai penggajian (payrolls) non pertanian me­ningkat jauh lebih buruk dari perkiraan 38.000 dan angka dua bulan sebelumnya sebesar 59.000, yang juga lebih buruk dari yang diperkirakan.

Analis percaya bahwa laporan yang lebih buruk dari perkiraan ini kemungki­nan berdampak pada ekspektasi investor untuk pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) Federal Reserve AS dijad­walkan bulan ini.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 27 Maret 2024

Sejak rilis risalah dari pertemuan FOMC April, para pedagang yakin Fed akan menjaga kenaikan suku bunga pada Juni, tetapi dengan rilis data ketenagak­erjaan yang buruk ini, investor percaya the Fed akan menaikkan suku bunga dari 0,50 persen ke 0,75 persen selama perte­muan FOMC Juli.

Menurut alat Fedwatch CMEGroup, probabilitas tersirat saat ini untuk kenai­kan suku bunga dari 0,50 persen ke 0,75 persen adalah pada 4,0 persen untuk per­temuan Juni, 34 persen pada pertemuan Juli 2016, dan 46 persen pada pertemuan September 2016.

BACA JUGA :  Dessert Puding Susu Aneka Buah yang Enak Cocok untuk Menu Berbuka Puasa

Logam mulia diberi dukungan lebih lanjut ketika indeks USD turun 1,64 pers­en menjadi 93,98 pada pukul 19.00 GMT. Indeks adalah ukuran dari dolar terhadap sekeranjang mata uang utama.

Emas dan dolar biasanya bergerak ber­lawanan arah, yang berarti jika dolar naik maka emas berjangka akan jatuh karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih mahal bagi investor.

Perak untuk pengiriman Juli menam­bahkan 34 sen atau 2,12 persen menjadi ditutup pada 16,365 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli naik 21,80 dolar AS atau 2,27 persen, menjadi ditu­tup pada 981,90 USD per ounce. (Winda/ bisnis)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================